Amankan Malam Tahun Baru, Kapolres Trenggalek Rangkul Perguruan Pencak Silat

118 views

Polres Trenggalek – Menjaga Kamtibmas kondusif khususnya menjelang tahun baru 2018 merupakan tanggung jawab semua pihak. Tak terkecuali perguruan pencak silat yang notabene mempunyai kemampuan khusus yang tidak dimiliki oleh orang lain. Keberadaan perguruan pencak silat dengan jumlah anggota yang mencapai ribuan orang merupakan potensi kuat dalam membantu Polri menciptakan kondisi Kamtibmas yang kondusif.

Mendasari hal tersebut, Polres Trenggalek merangkul para pimpinan dan anggota perguruan silat dengan mengadakan silaturahmi bersama di ruang Roestamadji Mapolres Trenggalek. Pertemuan yang dipimpin langsung oleh Kapolres Trenggalek AKBP Didit Bambang Wibowo S, S.I.K., M.H ini menghadirkan IPSI bersama para pimpinan perguruan pencak silat yang ada di kabupaten Trenggalek diantaranya, PSH Terate, IKSPI, Pagar Nusa, Porsigal. Tapak Suci, Perisai Diri dan ASAD. Minggu (31/12)

“Silaturahmi ini bertujuan untuk membangun komitmen bersama antara Polri dan perguruan pencak silat yang ada di Trenggalek untuk membantu memelihara dan menjaga Kamtibmas kondusif” Terang AKBP Didit

Menurut AKBP Didit, rasio Polri dengan masyarakat masih jauh dari harapan. Di Trenggalek rasio Polri mencapai 1 : 1.236 orang sehingga membutuhkan dukungan dari semua pihak termasuk potensi masyarakat seperti perguruan pencak silat. Demi tercapainya hal tersebut AKBP Didit meminta agar antar perguruan selalu kompak dan terus bersinergi dengan pihak kepolisian. Pihaknya berencana akan melibatkan anggota perguruan silat dalam pengamanan kegiatan.

“Kedepan kita upayakan setiap kegiatan skala besar, kita gandeng semua perguruan membantu pengamanan.” Imbuhnya

Selain itu, untuk mempererat hubungan harmonis antar perguruan pencak silat, Kapolres muda ini mengusulkan agar ada perhelatan bersama dalam bentuk turnamen pencak silat tingkat kabupaten yang bisa di gelar rutin setiap tahunnya. Hal tersebut sekaligus sebagai wadah ekspresi dan membentuk kader atlit beladiri yang tangguh dan sportif.

Sebagai tindak lanjut dari pertemuan hari ini, pada malam tahun baru nanti, Polres Trenggalek akan menggelar Do`a bersama dan semaan Al-Qur`an baik ditingkat Polres maupun Polsek jajaran yang akan diikuti oleh tokoh masyarakat dan perwakilan perguruan pencak silat.

“Berdoa bersama agar Trenggalek tetap aman dan kondusif” Pungkasnya

Posting Terkait