Anggota Polsek Ikuti Ujian Beladiri Dalam Rangka UKP

103 views

Polres Trenggalek – Anggota Polsek Kampak Polres Trenggalek Brigadir Puguh R, SH dan Brigadir Nanok P, SH pada hari Rabu tanggal 01 Nopember 2017 mengikuti kegiatan tes beladiri sebagai syarat kenaikan pangkat bertempat di halaman Polres Trenggalek, Kamis (02/11/2017).

Ujian beladiri Polri ini dilaksanakan sebagai salah satu syarat bagi anggota yang diajukan dalam Usulan Kenaikan Pangkat (UKP), ujian beladiri Polri tidak hanya untuk persyaratan kenaikan pangkat saja, tetapi juga untuk menunjang kesehatan fisik tiap personel dalam melaksanakan tugas sehari-hari.

Anggota Polri yang sedang melaksanakan UKP tidak dinaikkan pangkatnya begitu saja. Melainkan ada berbagai pertimbangan. Antara lain, selain sudah masuk waktunya, persyaratan administrasi harus lengkap, yang bersangkutan juga harus mengikuti dan melaksanakan tes atau ujian seperti penelitian personel (Litpers), kesamaptaan jasmani (Kesjas) serta ujian beladiri Polri. Semua berlaku bagi semua golongan pangkat, baik golongan pangkat Inspektur maupun Brigadir, kemudian apabila telah memenuhi syarat maka berkas UKP akan diproses.

“Polisi secara fisik harus mahir beladiri, baik dengan tangan kosong maupun dengan senjata. Ini merupakan bagian dari kesiapsiagaan anggota dalam mengamankan semua obyek vital, dan masyarakat“ ujar Brigadir Puguh. R, SH.

Dalam Ujian beladiri Polri tersebut yang dinilai dari Tim Penguji yaitu teknik dasar beladiri Polri, teknik beladiri Polri tanpa alat dan teknik beladiri Polri dengan alat melawan alat. Materi ujian tersebut harus dikuasai dan lulus dalam penilaian Tim Penguji, karena andai kata tidak lulus maka tidak diusulkan kenaikan pangkatnya.

Posting Terkait