Antisipasi Bencana Alam, Kapolres Trenggalek Bangun Komunikasi Intens dengan Basarnas

64 views

Polres Trenggalek – Kapolres Trenggalek AKBP Didit Bambang Wibowo S., S.I.K., M.H. berkunjung ke kantor Basarnas Karangsoko Trenggalek. Kapolres didampingi oleh Kasatsabhara AKP AKP M. Zainal Arifin, S. Sos. Selaku Kasatgas Bencana Polres Trenggalek. Selasa (12/12)

Kehadiran orang nomor satu dijajaran Polres Trenggalek ini disambut langsung oleh salah satu pentolan Basarnas, Yoni  Fariza yang sudah malang melintang di berbagai wilayah Indonesia membantu korban bencana alam.

Pada kesempatan tersebut Kapolres Trenggalek memperkenalkan diri sebagai pejabat baru dan mengharapkan kerjasama yang baik dengan Basarnas khususnya dalam penanganan bencana alam.

“Saat ini sudah memasuki musim hujan, beberapa daerah bahkan sudah mengalami musibah banjir dan tanah longsor. Dengan komunikasi ini diharapkan penanganan bencana alam khususnya di Trenggalek bisa lebih optimal.” Ujar AKBP Didit

Lebih lanjut AKBP Didit menegaskan, pihaknya telah menyiagakan satu peleton Satgas Bencana berikut perlatan yang bisa mendukung operasional Basarnas jika sewaktu-waktu dibutuhkan.

“Satgas inti ada 1 peleton, ditambah kompi cadangan yang bisa digerakkan seaktu-waktu” jelasnya

Sekedar diketahui, wilayah kabupaten Trenggalek yang didominasi pegunungan dengan kontur tanah kapur memang sangat rentan terjadi bencana alam seperti tanah longsor. Demikian pula dengan keberadaan sungai yang jika intensitas hujan lebat sering kali tidak mampu menampung volume air. Akibatnya, banjir dan genangan air terjadi dimana-mana. Bahkan tak jarang, genangan air di rumah penduduk mencapai lebih dari 30 cm.

Oleh karena itu, koordinasi lintas instansi dalam rangka penanganan bencana alam tentu sangat diperlukan, agar penanganan bisa lebih komprehensif.

Dalam kunjungan tersebut, kapolres Trenggalek juga berkesempatan meninjau peralatan atau sarana prasarana yang dimiliki oleh Basarnas mulai dari peralatan water resque hingga alat berat.

“Peralatan Basarnas lengkap dan siap pakai semua.” Ucap AKBP Didit

“Koordinasi akan terus kita bangun dan kami siap membantu baik personel maupun peralatan yang kami miliki.” Pungkas AKBP Didit

Posting Terkait