Bhabinkamtibmas Joho Hadiri Kegiatan Musyawarah Masyarakat Desa

82 views

Polres Trenggalek – Brigadir Kepala Arif Tri Wahyanto, SH menghadiri kegiatan yang dilaksanakan didesa binaanya, Joho. Kegiatan yang dilaksanakan oleh pihak stake holder Puskesmas Pule yang mengundang unsur tiga pilar desa termasuk Bhabinkamtibmas Polsek Pule Polres Trenggalek dan elemen masyarakat dari berbagai tokoh guna evaluasi dibidang kesehatan, Kamis (23/11).

 

” MMD adalah pertemuan perwakilan warga desa untuk membahas hasil Survei Mawas Diri (SMD) dan merencanakan penanggulangan masalah kesehatan yang diperoleh dari hasil SMD,” Bripka Arif Bhabinkamtibmas Polsek Pule Polres Trenggalek menjelaskan kegiatan yang dilaksanakan didesanya saat dikonfirmasi dilokasi kegiatan.

 

Menurut yang disampaikan Bhabinkamtibmas Polsek Pule Polres Trenggalek, meneruskan penyampaian yang dilakukan pihak Puskesmas Pule. Tujuan pelaksanaan MMD merupakan misi dari pihak kesehatan dalam memberikan edukasi dan pengenalan mengenai permasalahan kesehatan yang ada diwilayahnya. Terutama di wilayah perdesaan di desa Joho yang letaknya di pegunungan yang memasuki musim penghujan dengan ancaman bahaya demam berdarah.

 

Pencegahan Demam berdarah bisa diupayakan melalui, beberapa tindakan yang sebelumya kita harus mengerti dulu apa DBD. DBD (Demam Berdarah Dengue), atau yang lebih dikenal dengan demam berdarah. Disebabkan oleh virus dengue yang dibawa oleh nyamuk Aedes aegypti. Untuk mencegah demam berdarah, biasanya dilakukan penyemprotan atau fogging untuk mencegah jentik-jentik nyamuk Aedes aegyptiberkembang biak.

 

Namun, pencegahan juga tetap harus Anda lakukan sendiri di rumah. Berikut beberapa cara mudah yang bisa lakukan untuk mencegah demam berdarah.

 

Pertama dengan membesihkan bak mandi yang merupakan tempat berkembang biak nyamuk Aedes aegypti . Nyamuk betina bertelur pada dinding bak yang terisi air, larva nyamuk kemudian akan mendapat makanan dari mikroorganisme yang hidup di sekitarnya.

 

 

Selama masa ini, larva nyamuk akan melepaskan kulit pelindung mereka dan berkembang biak hingga mencapai tahap terakhir. Ketika larva nyamuk sudah cukup kuat, selanjutnya larva akan berubah menjadi pupa. Pada tahap pupa, tidak dibutuhkan makanan. Pupa hanya akan mengalami perubahan bentuk hingga akhirnya menjadi nyamuk biasa yang siap terbang.

 

 

Keseluruhan siklus ini berlangsung 8 – 10 hari dalam suhu ruang. Membersihkan bak mandi Anda setidaknya satu minggu sekali dapat memutus siklus hidup nyamuk Aedes aegypti.

 

Posting Terkait