Bhabinkamtibmas Mengedepankan Pencegahan daripada Upaya Paksa

80 views

 

Polres Trenggalek_Terciptanya kehidupan yang aman, nyaman dan kondusif dalam bermasyarakat merupakan suatu momentum yang sangat dinanti-nantikan oleh seluruh warga negara. Adapun untuk mewujudkan cita-cita tersebut Polri memiliki kiat langkah dengan cara mensterilisasi serta memperbaiki beberapa hal yang memiliki pengaruh signifikan terhadap kehidupan masyarakat, diantaranya pranata dalam rangka memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat,menegakkan hukum serta memberikan perlindungan,pengayoman dan pelayanan kepada masyarakat.

Seperti halnya yang dilakukan Bripka Suhartono,SH., saat bersama warga binaan, tak lupa disematkan himbauan kamtibmas supaya masyarakat tidak menjadi pelaku kejahatan maupun korban kejahatan.
“Mendekati masyarakat dengan humanis dan mengedepankan Preemtif dan preventif, itu lebih baik daripada melakukan upaya paksa,” terang Bripka Suhartono,SH.

Dikesempatan terpisah Kapolsek Dongko Polres Trenggalek AKP Tri Basuki,SH., menjelaskan bahwasanya hubungan antara hukum dan masyarakat sangat erat dan tak mungkin dapat diterpisahkan antara satu sama lain, mengingat dasar hubungan tersebut terletak dalam kenyataan, kemudian daripada itu bagaimanakah cara agar polisi dapat menyelaraskan tugas dan wewenangnya sebagai penegak hukum dan sebagai pemelihara keamanan dan ketertiban masyarakat.
“Berdasar ketentuan pasal 13 dan pasal 14 Undang-Undang Republik Indonesia No. 2 Tahun 2002, tugas dan wewenang kepolisian Negara Republik Indonesia dapat dirinci: Bersifat preventif yaitu memelihara keamanan dan ketertiban, memberikan perlindungan, pengayoman dan pelayanan kepada masyarakat. Dalam hubungannya dengan psoses perlindungan, pengayoman, dan pelayanan,” tegas AKP Tri Basuki,SH.

Hukum adalah pengatur kehidupan masyarakat, kehidupan masyarakat tidak mungkin bisa teratur kalau tidak ada hukum, dan karena masyarakat merupakan wadah atau tempat bagi berlakunya suatu hukum, dan sangat tidak mungkin ada atau berlakunya suatu hukum kalau masyarakatnya tidak ada, Pungkasnya.

Posting Terkait