Bhabinkamtibmas Peduli Usaha Pandai Besi

59 views

Polres Banyuwangi-Polsek Singojuruh – Berbagai jenis usaha dilakukan manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Seperti usaha pandai besi yang digeluti warga Dusun Kendal bernama Husnan. Usaha yang ia jalani sejak 6 taun yang lalu itu telah mampu menghidupi keluarganya.

Pandai besi adalah tukang (orang) yang bekerja menempa besi dengan menggunakan api untuk membentuk besi yang ditempanya menjadi suatu benda seperti alat-alat pertanian dan rumah tangga, sperti arit, pedang, pisau, dan lain sebagainya. Dengan adanya kerajinan pandai besi, orang-orang bisa membeli atau meminta service pandai besi untuk alat-alat pertanian dan rumah tangga.

Terdorong  kepedulian akan pengembangan usaha warga di desa binaannya, Brigadir Ragil Kasiyanto selaku Bhabinkamtibmas Desa Sumberbaru pada Kamis (1/2) mengunjungi pandai besi milik Husnan Dusun Kendal. Kedatangan anggota Polsek Singojuruh Polres Banyuwangi ini bertujuan untuk melihat proses pembuatan kerajinan besi.”Saya sangat takjub melihat proses pembuatan kerajinan pandai besi yang ada disini. Dengan alat sederhana yang dimiliki ternyata tidak mengurangi kualitas yang dihasilkan”, ucap Brigadir Ragil.

Dijelaskan oleh pengrajin bahwa kendala modal menjadi masalah utama yang ia hadapi usaha Samsudin. Peralatan tradisional sekarang sudah kalah bersaing secara produksi jika dibanding pabrik modern.”Semoga ada kepedulian dari pemerintah dalam pengembangan usaha yang kami geluti”, ucap pengrajin. (Hadi P/Humas Singojuruh).

Posting Terkait