Bhabinkamtibmas Polsek Pule : Tahun Baru Ayo Jaga Kewaspadaan

63 views

Polres Trenggalek – Bripka Saiful dalam kegiatan sambang ke Pos kamling di Rt 9 dusun krajan, desa Tanggaran, Sabtu (29/12). Menyampaikan kepada warga yang sedang melakukan giat Pos kamling untuk peningkatan kewaspadaan pada pelaku kejahatan pencurian kendaraan bermotor yang biasanya meningkat dengan dibarenge dengan meningkatnya daya kebutuhan yang meningkat. Peran serta masyarakat memang diperlukan dalam mencegah timbulnya kejahatan, dengan salah satunya kegiatan pengamanan lingkungan yang terus terjadwal dan rutinitas.

Menurut yang disampaikan BhaBhabMasalah pencurian kendaraan bermotor merupakan jenis kejahatan yang selalu menimbulkan gangguan dan ketertiban masyarakat. Kejahatan pencurian kendaraan bermotor yang sering disebut curanmor ini merupakan perbuatan yang melanggar hukum dan diatur dalam KUHP. Obyek kejahatan curanmor adalah kendaraan bermotor itu sendiri. Kendaraan bermotor adalah sesuatu yang merupakan kendaraan yang menggunakan mesin, atau motor untuk menjalankannya.

Kendaraan bermotor yang paling sering menjadi sasaran kejahatan curanmor roda dua yaitu sepeda motor dan kendaraan bermotor roda empat yaitu mobil pribadi. Apabila dikaitkan dengan unsur 362 KUHP maka kejahatan curanmor adalah perbuatan pelaku kejahatan dengan mengambil suatu barang berupa kendaraan bermotor yang seluruhnya atau sebagian kepunyaan orang lain dengan maksud untuk memiliki kendaraan bermotor tersebut secara melawan hukum.

” Kejahatan curanmor sebagai tindak pidana yang diatur dalam KUHP tidak hanya terkait denga pasal pencurian saja dalam KUHP. Kejahatan curanmor juga memiliki keterikatan dengan pasal tindak pidana penadahan, ” jelas Bhabinkamtibmas Polsek Pule Polres Trenggalek memberikan wawasan hukum kepada warga di Pos Kamling.

Posting Terkait