Bhabinkamtibmas Sukokidul Amankan Pementasan Jaranan

92 views

Polres Trenggalek – Menjadi petugas keamanan dan ketertiban di desa yang diwujudkan dalam tugas Bhabinkantibmas Polsek Pule Polres Trenggalek menjadikan kegiatan sekecil apapun yang menyangkut berkumpulnya orang banyak menjadi tugas yang mendapatkan kehadiran polisi, tidak halnya saat digelarnya pementasan seni jaranan didesa Sukokidul yang menghadirkan unsur tiga pilar termasuk Bhabinkamtibmasnya Brigadir Yohan, Sabtu ( 03/02 ).

 

” Sebelumnya dikabari melalui pesan What apps dari Kades Trimo mengenai kegiatan pementasan jaranan yang digelar di desa sukokidul malam ini, kita lakukan pengamanan selama acara digelar. Harapanya dalam kegiatan dari awal sampai purna tidak adanya kejadian yang bisa mengganggu kelancaran dalam kegiatan, ” kata Brigadir Yohan Bhabinkamtibmas Polsek Pule Polres Trenggalek saat ditemui dilokasi kegiatan pengamanan.

 

 

Kegiatan seni jaranan sendiri di desa sukokidul menurut informasi dari Bhabinkamtibmasnya, merupakan kesenian yang paling banyak digandrungi masyarakatnya. Dengan dibuktikan munculnya beberapa nama kesenian jaranan yang ada dan juga paguyuban seni jaranan sendiri sudah berdiri di desa Sukokidul yang beberapa bulan yang lalu dalam ulang tahunya juga mementaskan pagelaran seni jaranan.

 

 

Jaranan merupakan suatu kesenian murah dan digemari sebagian kalangan masyarakat. Bahkan sudah membudaya di daerah- daerah tertentu. Tokoh- tokoh dalam jaranan yaitu prajurit berkuda, barong, dan celeng. Simbol kuda menggambarkan sifat keperkasaan, penuh semangat, pantang menyerah, berani dan siap dalm keadaan apapun.

 

 

Kalau barong, dengan raut muka menyeramkan matanya membelalak bengis dan buas, hidungnya besar, gigi bertaring, dan gerakan tari yang menggambarkan sosok yang berkuas serta memiliki sifat semaunya sendiri. Lalu simbol celeng dengan gaya lari kesana kemari dan memakan rakus apa yang ada di hadapannya tanpa peduli milik atau hak siapa yang penting dia puas. Sifat dari tokoh jaranan merupakan gambaran berbagai macam sifat yang ada dalam diri manusia dan di dunia ini ada sisi baik dan buruk.

 

Posting Terkait