Bimbingan Teknis Bagi Anggota Satlinmas Desa Sekecamatan Suruh

76 views

Polres Trenggalek – Guna untuk mempersiapkan keterampilan dan pengetahuan anggota linmas sewilayah hukum Polsek Suruh Polres Trenggalek, pada pagi ini Rabu (22/11) bertempat di Kantor Kecamatan Suruh Kabupaten Trenggalek dilaksanakan Bimbingan Teknis Perlindungan Masyarakat untuk anggota linmas se Kecamatan Suruh yang diikuti oleh sekitar 30 anggota Linmas.

Kegiatan Bintek anggota Linmas yang ada diwilayah Kecamatan Suruh diselenggarakan dengan tujuan untuk memberikan gambaran dan guna meningkatkan kemampuan serta pengetahuan dalam menjalankan tugas perlindungan masyarakat yang ada diwilayah hukum Polsek Suruh Polres Trenggalek, sehingga apabila dibutuhkan sewaktu waktu anggota Linmas sudah siap.

Sebagai pemberi materi dalam kegiatan Bintek Satlinmas Desa se Kecamatan Suruh dari Polsek Suruh Polres Trenggalek adalah Ps Kanit Bimas Aiptu Sukono bersama Bhabinkamtibmas Desa Nglebo Polsek Suruh Polres Trenggalek Aiptu Ari Muryadi serta Bhabinsa Desa Puru Posramil Suruh Serka Muguh.

Dalam kesempatan tersebut Aiptu Ari Muryadi menyampaikan bahwasannya syarat menjadi anggota Linmas adalah warga negara republik Indonesis, setia pada Pancasila dan UUD 1945, berumur 18 thn s/d 55 tahun, sehat jasmani dan rohani, bersedia membuat pernyataan menjadi anggota Satuan Linmas serta Secara sukarela dan aktif dalam kegiatan perlindungan masyarakat.

“Pembinaan satuan linmas mencakup pembinaan kekuatan dan kemampuan dengan tujuan agar selalu siap digerakkan untuk melaksanakan tugas dan fungsinya,” terang Aiptu Ari Muryadi.

Ia menjelaskan bahwasannya fungsi linmas adalah untuk membantu memelihara dan meningkatkan kondisi dan tata tertib dikalangan masyarakat, menanggulangi akibat yang ditimbulkan oleh gangguan keamanan dan bencana alam yang dapat mengakibatjan kerugian jiwa dan harta benda, membina masyarajat untuk mempertinggi kesadaran hukum, perbantuan kepada pemerintah Daerah, Kepolisian dalam memelihara kamtibmas serta perbantuan kepada TNI dan perbantuan dalam kegiaran sosial kemasyarakatan yang ada didesa.

Saat dihubungi Kapolsek Suruh Polres Trenggalek AKP H Yasir WSD, SH mengatakan bahwa sangat mengapresiasi kegitan bimteknis yang diperuntukan bagi anggota linmas yang ada diwilayah hukum Polsek Suruh Polres Trenggalek karena kegiatan Bimtek yang dilakukan sangat diperlukan bagi anggota Satlinmas yang ada diwilayah Kecamatan Suruh.

“Petugas linmas turut berperan aktif membantu tugas tugas Polri dalam menjaga keamanan dan ketertiban utamanya yang ada dilingkunganya masing masing,anggota linmas merupakan ujung tombak pengamanan pertama yang ada di masyarakat, baik dari bencana alam, maupun kerusuhan serta anggota linmas merupakan Garda terdepan dalam menghadapi setiap ada gangguan masyarakat yang ada dilingkungan mereka masing masing,” ucapnya.

Posting Terkait