Brigadir Sholeh Peduli Nasib Petani Cabe

69 views

Polres Banyuwangi-Polsek Singojuruh – Curah hujan yang cukup tinggi akhir-akhir membuat sebagian petani cabai gusar. Hal itu terlihat saat kunjungan Brigadir Sholeh, S.H ke petani cabai Dusun Kelampokan Desa Cantuk pada Kamis (1/2). Petani yang ia temui mengeluh cuaca hujan saat ini dapat merusak tanaman cabai.

Sebagaimana diketahui bahwa cabe merupakan tanaman hortikultura yang sangat rentan terhadap serangan hama dan penyakit terutama di musim hujan. Kondisi curah hujan yang sangat tinggi berpengaruh terhadap laju pertumbuhan tanaman cabe.

Mendengar keluhan yang disampaikan petani, Brigadir Sholeh memberikan beberapa tips untuk menghindari kerusakan tanaman cabe di musim hujan.”Mohon dibuatkan saluran drainase air, atur sirkulasi sinar matahari dengan menanam cabe secara zig zag, kontrol hama atau penyakit tanaman, bersihkan gulma dan beri pestisida secukupnya”, ucap anggota Polsek Singojuruh Polres Banyuwangi ini ketika berdialog dengan petani cabe.

Lebih lanjut ia menjelaskan bahwa pengetahuan tersebut ia dapatkan dari hasil diskusi dengan beberapa petani cabe di tempat tinggalnya.”Semoga dengan tips sederhana yang saya berikan akan dapat mengurangi dampak kerusakan tanaman cabe di musim hujan”, pungkasnya.

Kepedulian Bhabinkamtibmas akan keluhan petani cabe di desa binaannya merupakan salah satu upaya dalam mendukung ketahanan pangan. Apa yang dilakukan polisi yang satu ini semoga menjadi inspirasi untuk yang lain agar lebih peka terhadap warga. (Hadi P/Humas Singojuruh) 

Posting Terkait