Cegah Pencurian Telur Penyu, Bripka Firman Sandi Lakukan Koordinasi Dengan PHPA Sukamade

104 views

Polres Banyuwangi – Polsek Pesanggaran – Bhabinkamtibmas Desa Sarongan Bripka Firman Sandi melakukan koordinasi dengan PHPA (Perlindungan Hutan dan Pelestarian Alam) Sukamade, Sabtu (3/2).

Maraknya pencurian telur penyu yang dilakukan oleh pelaku kejahatan di sekitar Pantai Sukamade Desa Sarongan disebabkan jumlah petugas yang mengawasi sangat terbatas. Dalam pertemuan tersebut salah satu Bhabinkamtibmas di Polres Banyuwangi ini menyarankan untuk diadakan patroli bersama antar Polsek Pesanggaran, PHPA Sukamade dan beberapa instansi lainnya yang bertujuan untuk mempersempit ruang gerak pencuri telur penyu.

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa penyu adalah hewan yang lemah, 1000 (seribu) tukik yang berasal dari telur yang berhasil menetas hanya beberapa ekor saja yang bertahan hidup sehingga untuk menjaga kelestarian dan kelangsungan hidup penyu diperlukan peran manusia. Belum lagi kematian penyu yang disebabkan oleh hewan perdator lainnya.

“Untuk menghindari penyu yang masuk ke dalam jaring nelayan sebaiknya di dalam jaring tersebut dipasangi lampu – lampu berwarna hijau, selain mengundang ikan untuk masuk ke jaring lampu tersebut juga dapat menjauhkan penyu dari jaring nelayan”, tegas Bripka Firman Sandi yang asli dari Kabupaten Jember ini.

Penulis : Rico Deddy
Publish : Rico Deddy

Posting Terkait