Etika Santun Dalam Pergaulan Tumbuh Kembangkan Kepercayaan

76 views

Polres Trenggalek_Harus diperhatikan dalam etika pergaulan bermasyarakat baik dengan orang sebaya, dibawah, maupun yang diatas kita, baik disisi sosial maupun usia adalah prinsip saling menghormati. Dengan etika yang baik dapat dipastikan bahwa seseorang akan dapat diterima dengan baik dalam pergaulan sehari-hari.

Mungkin itu penggalan sedikit yang digunakan acuan Polsek Dongko Polres Trenggalek dalam bertugas memelihara keamanan dan ketertiban, melindungi, mengayomi dan melayani masyarakat serta mendekatkan kamtibmas sebagai kebutuhan bersama.
Dengan demikian untuk menumbuh kembangkan rasa saling menghormati, menghargai dalam rangka memperoleh kepercayaan baik kepada siapapun di masyarakat maka etika santun harus dikedepankan. Selasa 28/11/2017, dikesempatan selesai berkunjung ke Masjid untuk sholat Dzuhur bersama anggotanya, Kapolsek Dongko Polres Trenggalek AKP Tri Basuki,SH.,  menuturkan konteks etika pergaulan artinya pedoman/aturan-aturan tentang sopan santun/tatakrama, yang sesuai dengan situasi dan keadaan serta tidak melanggar norma-norma yang berlaku baik norma agama, kesopanan, adat, hukum dan lain-lain.
Oleh karena itu etika juga dapat dipergunakan sebagai tolok ukur kepribadian seseorang, ” yang mana etika dapat dibentuk melalui berbagai cara, antara lain dengan pergaulan, pendidikan, lingkungan dan kebiasaan,” ungkapnya.

AKP Tri Basuki,SH., menambahkan
unsur atau hal dasar yang dapat disebut sebagai sebuah etika diantaranya bersikap sopan santun dan ramah,erhatian terhadap orang lain,menjaga perasaan orang lain dan toleransi.
Etika santun sudah diterapkan pada ranah pergaulan bermasyarakat sehari-hari, dengan itu untuk meraih kepercayaan masyarakat terhadap Polri guna terpeliharanya keamanan dan ketertiban masyarakat, yang pada akhirnya terwujud Polri yang Profesional Modern dan Terpercaya (PROMOTER), imbuhnya.

Baik itu dalam sikap,tutur kata dan perilaku kita terhadap orang lain harus kita tanamkan tata krama dan etiket.
“Semisal kepada Orang yang lebih tua / yang dituakan harus kita hormati, kepada orang sebaya harus dihargai, serta kepada orang yang lebih muda harus disayangi,” tukasnya.

Oleh karena itu Kapolsek Dongko Polres Trenggalek AKP Tri Basuki,SH., selalu berpesan kepada anggotanya jika ingin meraih simpati baik itu dari teman ataupun masyarakat luas maka kedepankan etika dan tata krama serta tingkah laku dalam kehidupan sehari-hari.

Posting Terkait