Evakuasi Korban Tertimpa Pohon Pinus Dari Personel Polsek Pule

129 views

Polres Trenggalek –  Dalam keberadaannya untuk memberikan pelayanan prima kepada masyarakat melalui informasi yang diberikan kepada polisi dalam kecepatan dan ketepatan bertindak seperti mendatangi TKP Orang meninggal karena tertimpa pohon pinus di dusun tirisan, desa Pule. Dari informasi yang diterima Polsek Pule Polres Trenggalek. KSPKT Aiptu Lateni dan personel lainya yang dipimpin Waka Polsek Pule Polres Trenggalek Ipda Sanusi, SH segera menghubungi pihak Puskesmas Pule dalam mendatangi lokasi kejadian, serta memberikan pertolongan pertama apabila masih bisa korban untuk dilakukan pertolongan , sehingga terbangun interaksi positif antara Polisi dengan instansi lain selaku stakeholders.

Dari informasi yang diterima Waka Polsek Pule Ipda Sanusi, lokasi kejadian berada diwilayah dusun tirisan yang berlokasi masuk wilayah warga yang umumnya pegunungan. Melalui pemberitahuan yang disampaikan Bhabinkamtibmas Polsek Pule Polres Trenggalek, rombongan meluncur kelokasi kejadian bersama rombongan dari Puskesmas Pule yang menggunakan mobil ambulance Puskesmas. Sesampainya dilokasi, anggota personel Polsek Pule Polres Trenggalek langsung turun dari mobil untuk memberikan bantuan membawa korban ke rumahnya.

Dengan menggunakan batang bambu dan kain sarung untuk membawa korban, personel Polsek Pule Polres Trenggalek secara bergantian memikul korban bersama warga. Lokasi dari tempat kejadian dengan rumah diperkirakan satu kilo meteran dengan meliwati ladang dan sawah yang berada dipegunungan, itu yang menyebabkan warga dan personel Polsek Pule Polres Trenggalek bahu -membahu menggotong korban sampai dirumah untuk dilakukan visum et repertum luar yang dilakukan pihak Puskesmas Pule dirumah korban.

Visum et repertum sendiri memiliki pengertian, Visum et repertum adalah istilah yang dikenal dalam Ilmu Kedokteran Forensik, biasanya dikenal dengan nama “Visum”. Visum berasal dari bahasa Latin, bentuk tunggalnya adalah “visa”. Dipandang dari arti etimologi atau tata bahasa, kata “visum” atau “visa” berarti tanda melihat atau melihat yang artinya penandatanganan dari barang bukti tentang segala sesuatu hal yang ditemukan, disetujui, dan disahkan, sedangkan “Repertum” berarti melapor yang artinya apa yang telah didapat dari pemeriksaan dokter terhadap korban. Secara etimologi visum et repertum adalah apa yang dilihat dan diketemukan.

” kita evakuasi korban yang meninggal tertimpa pohon pinus dari lokasi kejadian, untuk dilakukan penanganan pemeriksaan yang dilaksanakan dari tim medis Puskesmas Pule dalam menyatakan akibat luka yang dialami yang menyebabkan korban meninggal, ” kata Waka Polsek Pule Polres Trenggalek Ipda Sanusi saat berada dilokasi rumah korban.

Posting Terkait