Hari Terakhir Penjurian Lomba Poskamling Tingkat Kabupaten Trenggalek

66 views

Polres Trenggalek – Polres Trenggalek  menggelar lomba Pos Keamanan Lingkungan (Poskamling) yang melibatkan perwakilan desa di empat belas wilayah Kecamatan  se- Kabupaten Trenggalek.

Setiap Kecamatan  menunjuk satu desa di wilayahnya sebagai penyelenggara perlombaan tersebut. Kegiatan yang digelar menghadirkan penilai dari Satbinmas Polres Trenggalek, Kodim dan Pemkab. Trenggalek.

Di beberapa kesempatan penilaian lomba Poskamling disambut cukup antusias dengan ditandai ratusan warga yang hadir. Rangkaian penilaian lomba yang terakhir dilakukan oleh tim penilai bertempat di wilayah Kecamatan Gandusari, Kecamatan Pogalan, dan Kecamatan Karangan.  Sabtu, (17/12).

Warga dan perangkat desa  masing – masing memperagakan Siskamling yang kreatif untuk meminimalisir terjadinya tindak pidana di tengah masyarakat.

Kasatbinmas Polres Trenggalek, AKP Suyono, S.H.,M.Hum.,  mengatakan, perlombaan ini juga bertujuan untuk mendongkrak kegiatan Siskamling di tengah masyarakat. Sebab, di beberapa daerah kegiatan siskamling ada kecenderungan menurun sehingga perlu upaya penggalaan kembali.

”Kamtibmas adalah tanggung jawab bersama semua pihak, oleh karena itu, kami berharap warga bisa selalu meningkatkan semangat menjalankan Siskamling untuk meningkatkan keamanan di wilayah mereka sendiri,” terangnya pada saat dikonfirmasi penjurian Poskamling di desa Buluagung Kecamatan Karangan.

Ia menambahkan, setiap rangkaian kegiatan penjurian lomba Poskamling dimasing – masing desa tersebut dihadiri oleh Camat, Kapolsek, Kepala desa , perangkat Desa, warga masyarakat setempat  perwakilan dari masing – masing Kecamatan.  Dengan dukungan para tokoh masyarakat tersebut, bisa membuat motivasi kalangan anak muda bergairah untuk mendongkrak dan menghidupkan kembali siskamling.

“Syukur – syukur dikalangan anak muda melakukan terobosan dengan system jimpitan disetiap rumah dan pengelolaan lebih lanjut bisa oleh pihak karang taruna di setiap RT masing – masing”, sarannya.

Dalam pelaksanaan penilaian lomba Poskamling kami laksanakan  disetiap malam. Sesui  yang telah di jadwalkan di mulai pada tanggal 13 Desember 2017 sampai 16 Desember 2017, berlangsung selama seminggu.

“Malam ini merupakan jadwal penilaian lomba Poskamling  yang terakhir yaitu Poskamling yang ada di Kecamatan Gandusari, Kecamatan Pogalan, dan Kecamatan Karangan. Sedangkan untuk penentuan pemenang masih menunggu hasil rekapitulasi penilaian kepanitiaan”, jelasnya. (dev).

 

Posting Terkait