Ilmu Bisa Datang Dari Siapa Saja, Mari Buka Hati dan Pikiran

76 views

Polres Trenggalek – Bhabinkamtibmas Desa Karangrejo Polsek Kampak Polres Trenggalek Aiptu Sumani melaksanakan tatap muka dengan para warga di desa binaannya sebagai wujud mempererat tali silaturahmi antara Polri dengan masyarakat, Sabtu (25/11/2017).

Tatap muka dilaksanakan disekitar areal persawahan dimana tampak para seorang warga sedang mencari rumput untuk pakan ternak yang ia miliki berupa ternak sapi, dari percakapan yang dilakukan Aiptu Sumani dengan warga tersebut diperoleh keterangan bahwa tanda ternak sapi dalam keadaan sehat adalah jika dilihat secara fisik, sapi sempurna atau tidak cacat, gerakannya lincah, dan merespons aktif terhadap bunyi dan gerakan benda, bulu bersih dan tidak berdiri. Ternak yang baik untuk dipelihara adalah bakalan ternak yang memiliki kecepatan pertumbuhan yang cepat. Untuk sapi dikategorikan pertumbuhannya cepat, bila pertambahan berat badan hariannya di atas 0,7 kg per hari.

Ciri sapi yang sehat dilihat dari sempurnanya bentuk tubuh. Yang perlu diperhatikan di sini adalah organ terluar. Pedet dikatakan sempurna bila lengkap semua anggota badan dan tumbuh secara normal. Normalnya, anggota badan setiap ternak memiliki perisi simetris. Untuk anggota badan berpasangan seperti kedua kaki depan, tumbuh secara simetris begitu juga dengan kaki belakang, telinga kiri dan kanan. Begitu juga dengan mata, kedua lobang hidung, dan lainnya yang berpasangan.

Untuk anggota badan tunggal, dapat dikatakan normal bila tumbuh dengan semestinya. Misalkan, punuk anak sapi ongole minimal tingginya sejajar dengan kepala. Salah satu ciri pedet jantan yang baik adalah memiliki ekor melampaui lutut. Dan untuk jantan lepas sapih, ujung bulu ekor mencapai mata kaki belakang. Hubungan panjang ekor sangat erat dengan kesehatan ternak. Semakin panjang ekor sapi, semakin luas jangkauannya untuk mengusir serangga yang merugikan terhadap perkembangan tubuh.

“Alhamdulillah terima kasih atas informasinya mbah, jadi tambahan ilmu buat saya, semoga sapi sapi yang mbah miliki menjadi sapi yang sehat dan dapat membantu perekonomian keluarga” ujar Aiptu Sumani Bhabinkamtibmas Desa Karangrejo Polsek Kampak Polres Trenggalek.

Posting Terkait