Kanit Sabhara Patroli Sambil Kontrol Kesiapan Linmas Desa Bagorejo

64 views

Polres Banyuwangi-Polsek Srono, Jaga adalah salah satu tugas pokok petugas keamanan, baik itu Polisi maupun satpam ataupun Linmas. Dalam kesempatan tugas patroli yang diemban oleh Kanit Sabhara Polsek Srono (24/1) jam 23.00 Wib, maka disempatkan mampir ke Balai desa Bagorejo untuk menyapa dan kontrol kesiapan Linmas yang berjaga di balai desa Bagorejo.

Dengan penuh keramahan semua anggota Linmas yang serjumlah enam orang dalam setiap regu nya menyalami Kanit Sabhara AIPTU R. YULI P. bersama dengan anggota yang sedang patroli, dengan hidangan kopi dan gorengan para anggota Linmas dengan semangat melaksanakan tugasnya menjaga kampung dari gangguan kamtibmas. Mereka pada umumnya sudah berusia lanjut, karena kebanyakan pemuda enggan yang menjadi Linmas. keberadaan Linmas di desa sangat bermanfaat membantu tugas Kepolisian dalam menjaga keamanan di kampungnya. Mereka sudah seringkali dilakukan pelatihan pelatihan oleh Bhabinkamtibmas masing masing desa.

Kegiatan malam itu sebagian petugas Linmas melakukan patroli kampung dan sebagian berjaga di kantor desa. Mereka akan selesai tugasnya menjelang subuh karena aktifitas masyarakat rata rata sudah berjalan sehingga kerawanan yang menjadi prioritas pengawasan para Linmas sudah berkurang. Dengan hadirnya anggota Polsek yang patroli dan menyapa para anggota Linmas menambah semangat para anggota Linmas karena merasa diperhatikan. Karena Linmas lah ujung tombak keamanan di desa. Dalam kesempatan tersebut Kanit Sabhara memberikan pesan pesan kamtibmas kepada para anggota Linmas, agar selalu semangat dan menjaga kesehatan dalam melaksanakan tugas. Adapun saat melakukan patroli diwajibkan minimal dua orang atau lebih, sehingga apabila diketemukan sesuatu kejahatan yang harus mereka hadapi, mereka dapat mengatasinya. Namun apabila dirasa kekuatan mereka tidak memadai maka segera mungkin menghubungi Bhabinkamtibmas maupun personil Polsek Srono untuk melakukan penindakan lebih lanjut.

Desa Bagorejo adalah salah satu desa yang Linmasnya paling aktif melakukan tugasnya sehari hari, karena setiap malam sudah diploting sebanyak enam orang linmas yang berjaga secara bergantian. Kalau ada kegiatan warga desa yang dihadiri orang banyak, pasti Linmas desa Bagorejo dilibatkan dalam melaksanakan pengamanan. Harapan yang diminta oleh personil Linmas, oleh karena banyak diantara mereka yang sudah lanjut usia, maka perlu kiranya ada pengkaderan dengan maksud ada pengganti mereka dikemudian hari. tentunya hal itu adalah tantangan bagi warga masyarakat karena banyak pemuda yang sudah bekerja dan mereka enggan untuk menjadi Linmas. Kesadaran untuk menjaga lingkungan sebagai Linmas perlu sekali ditingkatkan. (Humas Srono)

Polsek Srono

Posting Terkait