Kapolres, Kejari dan Panwaslu teken MoU Sentra Gakkumdu Kabupaten Trenggalek

149 views

Polres Trenggalek – Polres Trenggalek menggelar MoU atau kesepakatan bersama penanganan tindak pidana pemilu dengan Kejaksaan Negeri Trenggalek dan Panwaslu Kabupaten Trenggalek. MoU ditandatangani langsung oleh Kapolres Trenggalek AKBP Didit Bambang Wibowo S, S.I.K., M.H., Kepala Kejaksaan Negeri Trenggalek Umaryadi, S.H., M.H dan Ketua Panwaslu kabupaten Trenggalek H. Agus Trianta, S.H.

Penandatangan MoU dilaksanakan disela-sela acara Forum Grup Diskusi atau FGD bersama stakeholder Pemilu Trenggalek di Rupatama Mapolres Trenggalek disaksikan oleh segenap peserta yang hadir. Kamis (18/01)

MoU yang terdiri dari 7 Bab dan 21 pasal tersebut berisi tentang kesepakatan bersama pola penanganan tindak pidana Pemilu yang tergabung dalam sentra Gakkumdu dimana didalamnya terdiri dari Kepolisian, Kejaksaan dan Panwas Pemilu. Sedangkan materi yang tercantum meliputi ketentuan umum, maksud dan tujuan, ruang lingkup, pelaksanaan yang memuat penerimaan laporan, pembahasan, kajian pelanggaran dan pengawas pemilu, penyidik tindak pidana Pemilu, jaksa, kedudukan dan struktur sentra Gakkumdu, tugas dan fungsi Gakkumdu, pola penanganan serta pembiaayaan.

Kapolres Trenggalek AKBP Didit Bambang Wibowo S, S.I.K., M.H menjelaskan, penandatangan Mou tersebut merupakan salah satu upaya untuk mempermudah komunikasi dan koordinasi antar lembaga penegak hukum dalam penanganan pidana Pemilu.

“Semua kesepakatan diatur disitu sehingga peran dan fungsi masing-masing lembaga menjadi lebih jelas, termasuk batasan waktu proses penanganan perkara” jelasnya.

Dengan MoU ini, diharapkan penanganan pidana Pemilu menjadi lebih mudah dan cepat serta mampu berperan sebagai penjaga terakhir agar kualitas Pemilu yang Luber Jurdil dapat terwujud dalam rangka memilih figur pemimpin yang benar-benar diinginkan oleh masyarakat.

Posting Terkait