Kapolsek Pule Dalam Pembinaan Aparatur Pemerintah Desa Jombok

79 views

Polres Trenggalek – Dalam menambah wawasan dan pengetahuan penyelenggaraan pemerintahan di desa dan BPD menuju suatu proses yang di lakukan untuk melaksanakan anggaran Dana Desa dan Alokasi Dana Desa, sehingga apa yang di cita-citakan dapat tercapai sesuai dengan yang diharapkan, disampaikan Kapolsek Pule Polres Trenggalek Iptu Suraji, SH, MH saat mengisi pembinaan aparatur pemerintahan desa. Bertempat di balai desa Jombok, Selasa (28/11).

 

 

Kewenangan Desa adalah kewenangan yang dimiliki Desa meliputi kewenangan
di bidang penyelenggaraan Pemerintahan Desa mecakup pelaksanaan Pembangunan
Desa, Pembinaan Kemasyarakatan Desa, dan Pemberdayaan Masyarakat Desa. Yang berdasarkan prakarsa masyarakat, hak asal usul dan adat istiadat Desa.

 

 

Pengertian Kewenangan berdasarkan hak asal usul adalah hak yang merupakan warisan
yang masih hidup dan prakarsa Desa atau prakarsa masyarakat Desa sesuai
dengan perkembangan kehidupan masyarakat.

 

 

Melalui peran serta Polri yang sudah ditanda tangani Kapolri, Kementerian Dalam Negeri dan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi, serta Kementerian Dalam Negeri tentang nota kesepahaman (MoU) mengenai dana desa. Dalam nota kesepahaman tersebut, diatur kerja sama terkait pencegahan, pengawasan, dan penanganan permasalahan dana desa.

 

 

Dengan mengacu pada payung hukum yang ada, aturan pengelolaan Dana Desa sesuai dengan Perbup Trenggalek nomor 41 tahun 2017 tentang Pengelolaan Dana Desa , serta Perbup Nomor 50 tahun 2017 tentang Alokasi Dana Desa. Dihubungkan dengan Perda Trenggalek nomor 6 Tahun 2016 tentang Keuangan dan Aset Desa, serta Perbup nomor 46 Tahun 2017 tentang Kewenangan Desa berdasarkan asal usul dan kewenangan lokal.

 

” Dengan memahami peraturan tersebut dan peraturan lainnya yang berlaku di Desa, Pemerintah Desa bersama BPD dapat mengalokasikan keuangan dengan benar sehingga terhindar dari resiko perbuatan melanggar hukum yang merugikan keuangan Negara,” Jelas Kapolsek Pule Polres Trenggalek Iptu Suraji, SH, MH didepan audien pembinaan.

Posting Terkait