Kapolsek Pule Dorong Peran Masyarakat dalam Pengawasan Dana Desa

76 views

Polres Trenggalek – Jum’at ( 02/02 ), Personel Polsek Pule Polres Trenggalek melaksanakan kegiatan safari Jum’at dengan dipimpin Iptu Suraji, SH, MH bersama beberapa personel lainya ke masjid dengan sesepuhya Kyai Sadiman. Kegiatan dalam safari Jum’at yang bertujuan dalam mendekatkan antar stakeholder Polsek dengan warga melalui penyampaian pesan yang berkaitan dengan situasi Kamtibmas dan juga penyampaian kebijakan dari Polri dalam mendukung keamanan dan ketertiban didesa.

Dalam kegiatan safari Jum’at yang dilakukan, Kapolsek Pule Polres Trenggalek Iptu Suraji mengajak komponen masyarakat yang berada dilokasi lingkungan dalam peran sertanya menjaga situasi Kamtibmas. Menjaga agar lingkungan tetap terjaga situasi Kamtibmasnya dengan melakukan pengamanan swakarsa melalui siskamling. Kegunaan dari kegiatan siskamling selain untuk menjaga situasi Kamtibmas juga bisa menciptakan komunikasi sesama warga.

Situasi Keamanan merupakan kebebasan dari bahaya sedangkan keselamatan diri dalah suatu keadaan aman, dalam suatu kondisi yang aman secara fisik, sosial, spiritual, finansial, politis, emosional, pekerjaan, psikologis, ataupun pendidikan dan terhindar dari ancaman terhadap faktor-faktor tersebut, menurut yang disampaikan Kapolsek Pule Polres Trenggalek Iptu Suraji, SH, MH.

Disampaikanya dalam kepedulian terhadap pembangunan di desa, warga diharapkan dalam turut serta pengawasan dana desa dengan melihat hasil pencapaian dari program yang direncanakan. ” Masyarakat harus aktif dalam setiap pembangunan dari dana desa yang turun, dengan melakukan pengawasan apabila terjadi penyelewengan bisa dimusyarahkan melalui Musyawarah desa, ” Jelas Kapolsek Pule Polres Trenggalek.

Mengenai dana desa bisa dijelaskan, Dana Desa adalah dana yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara yang diperuntukkan bagi Desa dan Desa Adat yang ditransfer melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja  Daerah  kabupaten atau kota  dan  digunakan  untuk  membiayai  penyelenggaran pemerintahan, pembangunan, serta pemberdayaan masyarakat, dan kemasyarakatan. Fokus penting dari penyaluran dana ini lebih terkait pada implementasi pengalokasian Dana Desa agar bisa sesempurna gagasan para inisiatornya.

Posting Terkait