Lomba Poskamling Tingkat Kabupaten Trenggalek 2017, Dua Poskamling di Dongko dan Panggul Mendapat Penjurian

64 views

Polres Trenggalek –  Gabungan tim penilai dari Sat Binmas Polres Trenggalek beserta Kodim dan Pemkab. Trenggalek meninjau dua Poskamling yang ada di Kecamatan Dongko dan Panggul, Selasa (12/12/2017) malam. Dua Poskamling yang ditinjau oleh tim penilai adalah Poskamling yang mewakili  lomba Poskamling tingkat Kabupaten Trenggalek 2017.

Di Kecamatan Dongko  Poskamling yang mengikuti lomba di Desa Pringapus sedangkan untuk di Kecamatan Panggul berada di Desa Wonocoyo.

Mewakili Kapolres Trenggalek AKBP Didit Bambang Wibowo S, S.I.K,M.H., Kasat Binmas Polres Trenggalek AKP Suyono, S.H.,M.Hum.,  mengatakan lomba Poskamling (pos keamanan lingkungan) yang di prakarsai olehnya, digelar untuk mendorong  semangat sistem keamanan lingkungan (siskamling) demi meningkatkan keamanan di wilayah sendiri.

Karena pada dasarnya keamanan dan ketertiban masyarakat adalah merupakan tanggung jawab bersama semua pihak. Dengan meningkatkan siskamling diharapkan dapat mendeteksi sejak dini masalah-masalah terkait kamtibmas serta mencegah tangkal terjadinya kejahatan.

“Lomba Poskamling bukan semata-mata untuk mencari pemenang atau juara, melainkan untuk menumbuhkan kesadaran warga masyarakat menjaga lingkunganya dengan cara bersiskamling, yang dilaksanakan oleh warga secara bergantian,” kata AKP Suyono saat melakukan penjurian di Poskamling Desa Pringapus, Kecamatan Dongko.

Lanjut AKP Suyono, pada penilaian Poskamling tim penilai melakukan pengecekan  perlengkapan beserta administrasinya,  personil yang melaksanakan ronda termasuk fungsi dan tugasnya, pengecekan cara membunyikan kentongan dan penilaian peragaan menangkap penjahat,  penilaian peragaan mendatangi  TKP, cara melaporkan kejadian, dan lain – lain.

“Lomba Poskamling diikuti oleh setiap Kecamatan yang ada di Kabupaten Trenggalek, setiap Kecamatan mewakilkan satu Poskamling yang dilombakan,” tutup Kasat Binmas AKP Suyono. (dev).

Posting Terkait