Mari Lakukan Gaya Hidup Sehat Dengan Membangun Jamban

101 views

Polres Trenggalek – Bhabinkamtibmas Desa Timahan Polsek Kampak Polres Trenggalek Brigadir Puguh, R, SH. Menghadiri kegiatan sosialisasi Open Defecation Free (ODF) yang dilakukan oleh Puskesmas Kampak demi meningkatkan kesadaran masyarakat untuk membangun jamban, Sabtu (04/11/2017).

Pelaksanaan sosialisasi ODF tersebut bertempat di rumah Nur Huda Rt.01/01 Dusun Krajan Desa Timahan Kampak Trenggalek, dalam acara tersebut juga tampak hadir antara lain  Bpk. Eko Haryo Witanto (perawat desa Timahan), Brigadir Puguh, R, SH. Sdri. Ulyana Hidayati (bidan desa Timahan), Bpk. K. Jumiran (tokoh agama desa Timahan), Bpk. Malik (ketua Rt.01/01 desa Timahan), Ibu Ismie (petugas Puskemas Kampak), serta para warga masyarakat Rt.01/01 desa Timahan sejumlah kurang lebih 25 orang.

Jamban adalah suatu ruangan yang mempunyai fasilitas pembuangan kotoran manusia yang terdiri atas tempat jongkok atau tempat duduk dengan leher angsa atau tanpa leher angsa (cemplung) yang dilengkapi dengan unit penampungan kotoran dan air untuk membersihkannya.Buang air besar (BAB) sembarangan bukan lagi zamannya. Dampak BAB sembarangan sangat buruk bagi kesehatan dan keindahan. Selain jorok, berbagai jenis penyakit ditularkan. Sebagai gantinya, BAB harus pada tempatnya yakni di jamban. Hanya saja harus diperhatikan pembangunan jamban tersebut agar tetap sehat dan tidak menimbulkan dampak buruk bagi lingkungan.

Dalam kegiatan tersebut juga dijelaskan untuk syarat jamban yang sehat antara lain tidak mencemari sumber air minum, letak lubang penampung berjarak 10-15 meter dari sumber air bersih, tidak berbau dan tinja tidak dapat dijamah oleh serangga maupun tikus, cukup luas dan landai/miring ke arah lubang jongkok sehingga tidak mencemari tanah sekitarnya, mudah dibersihkan dan aman penggunaannya, dilengkapi dinding dan atap pelindungm dinding kedap air dan berwarna, cukup penerangan, lantai kedap air, ventilasi cukup baik, serta tersedia air dan alat pembersih.

Diakhir acara tampak para warga dusun Krajan desa Timahan kampak Trenggalek menandatangani kesepakatan mendukung program ODF sebagai bukti dukungan warga dalam mengsukseskan program ODF berupa pentingnya buang air besar maupun kecil secara sehat.

“Alhamdulillah kesadaran masyarakat saat ini cukup tinggi dan mengerti betul manfaat pentingnya buang air kecil maupun besar secara sehat dengan cara membangun jamban” ujar Brigadir Puguh, R, SH Bhabinkamtibmas desa Timahan Polsek Kampak Polres Trenggalek.

Posting Terkait