Mari Waspada Terhadap Bencana Alam dan Peka Terhadap Tanda Tanda Tanah Longsor

84 views

Polres Trenggalek – Anggota Polsek Kampak Polres Trenggalek Aiptu Sumani melaksanakan patroli kedaerah rawan bencana longsor di daerah desa Ngadimulyo Kampak Trenggalek, Selasa (28/11/2017).

Tingginya intensitas hujan yang melanda kawasan Kecamatan Kampak Trenggalek akhir-akhir ini, menjadi kekhawatiran tersendiri. Untuk itu, Kapolsek Kampak Iptu Anwar, SH memerintahkan anggotanya untuk melaksanakan patroli dan menghimbau masyarakat untuk tetap waspada bencana alam banjir, tanah longsor dan angin puting beliung.

Patroli kali ini yang dilakukan oleh Aiptu Sumani bersama beberapa anggota difokuskan di desa Ngadimulyo Kampak Trenggalek, dan berbincang bincang dengan para warga yang bekerja sebagai pemecah batu dimana pekerjaan yang mereka lakukan tersebut tergolong berbahaya dikarenakan berdekatan dengan lereng / lembah.

Diharapkan para warga dapat mengetahui tanda tanda tanah longsor, diantaranya adalah adanya reruntuhan batu (rock fall) dan tanah (debris) pada jalan, adanya retakan baru pada lereng, jalan atau dinding penahan tanah, adanya material berupa tanah, batuan, pohon berjatuhan dari lereng, adanya air mengalir dari lereng atau saluran air konstruksi penahan tanah berubah warnanya dari bening menjadi coklat, adanya air terkonsentrasi dan alirannya memotong badan jalan atau menuju wilayah yang lebih rendah, adanya konstruksi penahan tanah yang rusak akibat erosi, adanya saluran air rusak akibat derasnya saluran air, adanya air dibagian puncak tidak tertampung lagi dan mengalir deras kebadan jalan, serta yang terakhir tampak rembesan air semakin banyak dan terjadi tiba-tiba pada lereng atau konstruksi penahan air.

“Harap berhati hati dalam bekerja para bapak bapak dan ibu ibu tetap waspada mengingat curah hujan akhir akhir ini cukup tinggi, kenali tanda tanda tanah longsor dan cepat lakukan penyelamatan diri agar tidak jatuh korban jiwa dan harta benda” ujar Aiptu Sumani anggota Polsek Kampak Polres Trenggalek.

Posting Terkait