Membangun Kebersamaan dalam Dimensi Kehidupan Bermasyarakat yang Lebih Nyaman

93 views

Polres Trenggalek_Ketika harapan, berselimutkan impian untuk kehidupan ekonomi lebih yang lebih maju dan mapan, maka harus diimbangi dengan selarasnya keamanan dan ketertiban masyarakat, serta tegaknya hukum.
Hal itu tercermin dari apa yang sudah diterapkan oleh negara maju,  dimana kesadaran masyarakat untuk saling menghormati/menghargai terhadap sesama yang ditonjolkan daripada aturan hukum, akan tetapi tidak pula mengesampingkan aturan norma hukum yang sudah tegak. Namun apabila jika semakin banyak aturan yang mengikat maka akan dilanggar pula norma/aturan itu, serta berbagai daya upaya mencari celah untuk digunakan sebagai pintu keluar lolosnya dari jeratan aturan itu sendiri.

Karena pada dasarnya tindak kejahatan dapat terjadi karena ada kemauan dan kesempatan yang didukung oleh adanya gab kondisi sosial ekonomi suatu masyarakat.
Selain itu ketidakmaksimalan perangkat institusi dan hukum seringkali menjadi faktor sulitnya menjaga dan mengendalikan keamanan dan ketertiban masyarakat, apalagi jika antara penegak hukum dengan masyarakat yang melanggar terjadi kolusi, pastinya menyebabkan masyarakat semakin antipati terhadap institusi penegak hukum.

Dengan adanya hal tersebut Polri sebagai institusi penegak hukum mempunyai kiat supaya masyarakat tidak menjadi pelaku maupun korban dari aturan/hukum itu sendiri, untuk mengantisipasi adanya hal tersebut di Kepolisian Sektor Dongko Polres Trenggalek mengedepankan langkah Preemtif dan preventif supaya masyarakat merasa nyaman dan terlindungi dengan kehadiran Polisi dilapangan.
Tidak kalah pentingnya tentang peran aktif Bhabinkamtibmas bersama tiga pilar yang bekerja sama membangun kebersamaan/sinergitas demi terpeliharanya situasi keamanan dan ketertiban masyarakat yang terkendali.

Seperti terlihat Bhabinkamtibmas Desa Watuagung Polsek Dongko Polres Trenggalek Bripka Dian Hengki Ranuseputra saat dikegiatan sambangnya ke rumah warganya untuk mendekatkan kamtibmas sebagai kebutuhan bersama menuju terciptanya Desa yang tentram, Minggu 2/12/2017.

Disela kegiatan sambangnya Bripka Dian Hengki mengatakan dengan terjalinnya komunikasi aktif seputar kamtibmas dengan masyarakat, maka hal ini “memudahkan akses ang positif untuk menuju wilayah yang tentram tanpa ada gejolak gangguan kamtibmas,” ungkapnya.

Dikesempatan terpisah Kapolsek Dongko Polres Trenggalek AKP Tri Basuki,SH., menuturkan kebutuhan akan pentingnya terwujud stabilitas Kamtibmas yang kondusif tentunya tidak hanya menjadi keinginan dari penegak hukum, dalam hal ini Polri, akan tetapi juga masyarakat itu sendiri.
Yang dibutuhkan sekarang adalah bagaimana antara “masyarakat dan Polri terjalin suatu hubungan yang sinergis dalam mengupayakan terwujudnya kondisi Kamtibmas yang stabil sehingga dapat mendukung pembangunan nasional menuju masyarakat yang adil dan makmur,” pungkas AKP Tri Basuki,SH.

Posting Terkait