Meningkatkan Kemandirian Satpam Yang terampil dan Profesional, Satbinmas Polres Trenggalek Gelar FGD

70 views

Polres Trenggalek – Tugas Polri sebagai pengemban fungsi kamtibmas tentunya membutuhkan dukungan dan partisipasi dari berbagai elemen masyarakat untuk mewujudkan situasi kamtibmas yang kondusif. Tidak terkecuali Satpam di seluruh kawasan di wilayah Hukum Polres Trenggalek. Penyamaan persepsi dan evaluasi cara bertindak merupakan agenda dalam rangka asistensi dan koordinasi manajamen sistem keamanan.

Hal tersebut yang menjadi latar belakang Sat Binmas Polres Trengalek menyelenggarakan FGD (Forum Grub Diskusi) dengan tema “meningkatkan kemandirian pengamanan kawasan tertentu melalui jasa Satpam yang terampil dan profesional” kepada pengguna layanan Satpam bertempat di aula Rupatama Polres Trenggalek. Beberapa pembahasan penting pun disampaikan oleh Kasat Binmas Polres Trenggalek sebagai pembina fungsi pengamanan swakarsa kepada 70 pengguna layanan Satpam di wilayah hukum Polres Trenggalek.

Kegiatan FGD tersebut dipimpin langsung oleh Kasat Binmas Polres Trenggalek AKP Suyono, S.H.,M.Hum., dengan di dampingi Ketua Asosiasi Managemen Security Indonesia (AMSI) Kabupaten Trenggalek, Sdr. Gunawan serta anggota AMSI Sdr. Khoirudin.

“Pertemuan ini, membahas kinerja Satpam  dalam rangka meningkatkan kemandirian pengamanan yang terampil dan profesional karena hal tersebut memiliki peranan yang sangat penting, dikarenakan penugasan Satpam dilapangan memiliki manajemen sistem keamanan yang disusun oleh para pengguna Satpam,” kata Kasat Binmas AKP Suyono saat ditemui, Jum’at (08/12).

Kasat Binmas menjelaskan, kegiatan tersebut juga untuk merefleksi kepada peserta pertemuan tentang tugas pokok Satpam, hal ini dimaksudkan agar para Satpam dapat bertindak sesuai koridor regulasi yang mengikat pada tupoksi Satpam.

“Pemahaman aturan – aturan cara bertindak pada penugasan Satpam harus kita perhatikan betul agar para Satpam mengerti batasan – batasan kinerja dalam rangka mewujudkan kamtibmas kondusif di lingkungan kerjanya,“ tegas AKP Suyono.

Peningkatan kemampuan Satpam juga menjadi perhatian prioritas Polres Trenggalek sehingga pada kegiatan tersebut juga disampaikan agenda – agenda penyelenggaraan pembinaan dan peningkatan kemampuan Satpam.

HUT Satpam ke 37 pun tidak lepas menjadi poin pembahasan pada kegiatan pertemuan tersebut, persiapan pagelaran acara HUT Satpam yang rencananya jatuh pada tanggal 30 Desember  tersebut juga dibahas antara Sat Binmas dengan para peserta pertemuan.

“HUT Satpam merupakan momentum penting bagi para Satpam untuk lebih meningkatkan perannya dalam mendukung tupoksi Polri khususnya Polres Trenggalek. Kami selaku pembina keamanan swakarsa siap membantu dan mensuksesakan acara HUT Satpam nantinya sebagai bentuk kerjasama yang baik antara Polri dengan Satpam di wilayah hukum Polres Trenggalek”, jelas mantan Kapolsek Pule Polres Trenggalek tersebut.

Senada yang di sampaikan oleh Ketua AMSI Kabupaten Trenggalek Sdr. Gunawan bahwa dengan di bentuk perencaan sejak awal dalam menyambut HUT Satpam ke 37 berharap kegiatan yang disajikan nanti dapat mengilustrasikan partisipasi aktif para Satpam dalam mewujudkan situasi kamtibmas kondusif di lingkungan kerjanya.

“Selain membahas tentang tupoksi Satpam yang terampil dan profesional dalam kegiatan FGD kali ini juga membahas koordinasi dalam menyambut kegiatan HUT Satpam ke -37 dengan harapan kegiatan yang rencana akan dilaksnakan pada tanggal 30 Desember 2017 dapat berjalan dengan aman dan lancar.”, jelas Ketua AMSI Sdr. Gunawan.

Sebagai penghujung pertemuan, diselenggerakan sesi tanya jawab untuk mengetahui kendala dan saran baik dari para pengguna layanan Satpam sehingga diharapkan Sat Binmas Polres Trenggalek dapat mengetahui menginventarisir permasalahan yang terjadi. (dev).

 

Posting Terkait