Mulai Musim Hujan, Polres Trenggalek Siagakan Satgas Bencana

83 views

Polres Trenggalek – Beberapa minggu terakhir, wilayah kabupaten Trenggalek mulai diguyur hujan dengan intensitas cukup tinggi. Meskipun tidak sampai menyebabkan banjir, namun kewaspadaan tetap perlu ditingkatkan mengingat Trenggalek yang didominasi pegunungan dengan kontur tanah padas ini kerap dilanda banjir yang disebabkan luapan air sungai ke pemukiman penduduk. Selain banjir, kerawanan lainnya adalah tanah longsor khususnya di daerah pegunungan seperti, kecamatan Tugu, Panggul, Dongko, Pule dan Bendungan.

Menyikapi hal tersebut, Polres Trenggalek telah mengambil kebijkan strategis dengan menyiagakan Satgas bencana di bawah komando Kasat Sabhara AKP M. Zainal Arifin, S. Sos. Satgas Bencana tersebut merupakan peleton gabungan dari masing-masing satuan fungsi yang memiliki kualifikasi SAR.

“Ada 30 an anggota gabungan dari Sabhara, Reskrim, Binmas dan lainnnya” jelas AKP Arifin.

Selain personel, sarana dan prasarana penunjang juga disiapkan seperti kendaraan logistik, perahu karet, gergaji mesin, pelampung, tenda peleton/kompi dan lain sebagainya. Semuanya telah dipastikan berfungsi dan siap ketika dibutuhkan.

“Sudah di cek jauh hari sebelumnya. Jadi jika dibutuhkan sewaktu-waktu sudah ready.” Ungkapnya

Lebih lanjut, AKP Arifin  menuturkan dalam pelaksanaannya polisi tidak bekerja sendiri. Diperlukan kerjasama dengan instansi terkait lainnya semisal Basarnas, BPBD, Tagana maupun unsur TNI.

“Saat operasi kebencanaan kita berperan sebagai pasukan pendukung di bawah koordinator Basarnas atau BPBD. Oleh karenanya dibutuhkan koordinasi yang baik antar instansi. Yang terpenting personel dan Sarpras sudah kita siapkan sedini mungkin” Tegasnya

Tidak hanya di tingkat Polres, personel Polsek pun disigakan khususnya yang berada di wilayah pegunungan. Bagi Polsek yang dilintasi sungai melaksanakan pengecekan rutin debet air dengan tujuan bisa mengantisipasi jika terjadi peningkatan volume air dan segera melaporkan ke command center yang berada di Mapolres Trenggalek untuk kemudian mengambil langkah-langkah pencegahan. Apabila personel yang dibutuhkan kurang, maka selain Satgas Bencana di siagakan pula kompi kerangka yang bisa digerakkan sewaktu-waktu untuk membackup perkuatan.

“Kita berdayakan seluruh kemampuan dan potensi yang kita miliki. Mudah-mudahan tidak terjadi bencana alam di Trenggalek. Kalaupun ada kita sudah menyiapkan diri antisipasi ” Pungkas AKP Arifin.

Posting Terkait