Personel Polsek Pule Lakukan Olah Tempat Kejadian Perkara Orang Meninggal Tertimpa Pohon Pinus

131 views

Polres Trenggalek – Tindakan secara prosedur dan sistematis sebagai upaya Polri untuk mencari dan mengidentifikasi secara detail adanya orang yang meninggal di karenakan tertimpa pohon pinus yang sedang ditebang di dusun tirisan, desa pule dilaksanakan unit Reskrim Polsek Pule Polres Trenggalek yang dipimpin Kanit Reskrim Aiptu Subagyo, SH. Kegiatan yang dilakukan masih dalam rentetan  terjadinya kejadian yang menimpa Mangin warga Pule yang harus menghembuskan napas akibat pohon pinus yang menimpanya saat mencari kayu bakar, Rabu ( 17/01 ).

 

 

Lokasi kejadian yang berada diladang milik Barni, dusun tirisan, Rt 53, Rw 26, desa Pule. Tempat Mangin bermula saat korban mencari kayu bakar, dan adanya penebangan pohon pinus yang mengenai korban sehingga mengakibatkan korban meninggal dunia. Dengan menggunakan hasil olah TKP maka akan diketahui bagaimana kejadian korban sampai meninggal , berbuat apa saat korban didalam TKP. Tindakan personel Polsek pule Polres Trenggalek saat olah TKP diaktualisasikan dengan membuat berita acara sebagai pertanggung jawaban bahwa polisi saat melakukan olah TKP adalah tindakan hukum dan barang bukti yang ditemukan di TKP adalah otentik dan valid sehingga mempunyai nilai pembuktian.

 

 

Menurut informasi yang diterima dari Kanit Reskrim Polsek Pule Polres Trenggalek Aiptu Subagyo, SH dalam penanganan olah tempat kejadian perkara mengamankan beberapa barang -bukti yang dibawa dari lokasi kejadian. Beberapa barang bukti termasuk yang diamankan satu buah gergaji mesin merk STIHL warna putih orange, satu buah ranting kayu pinus diameter 10 cm dan panjang kurang lebih 2 meter, satu buah topi rimba warna hitam, satu buah kemeja batik warna coklat kombinasi orange dan satu buah celana pendek kain warna hitam. Dari beberapa barang bukti yang dibawa, untuk selanjutnya dalam penanganan penyelidikan dan penyidikan pihak Polsek Pule Polres Trenggalek dalam pembuktian.

 

 

” Tindakan yang dilakukan di tempat kejadian perkara TKP orang meninggal karena tertimpa pohon pinus, merupakan hal yang tak terpisahkan dalam proses penyidikan dan merupakan langkah awal untuk dapat mengungkapkan kejadian yang sebenarnya  terjadi. Tempat kejadian perkara merupakan salah satu sumber keterangan yang penting dan bukti-bukti yang harus diolah dalam usaha untuk mengungkapkan terjadinya tindak pidana atau tidak. Sehingga kemampuan dan penguasaan teknik maupun taktik kriminalistik penanganaan tempat kejadian perkara sangat diperlukan bagi setiap penyidik guna memungkinkan berhasilnya penyidikan, ” kata Kanit Reskrim Polsek Pule Polres Trenggalek Aiptu Subagyo, SH membenarkan kegiatanya dilokasi kejadian.

 

Posting Terkait