Rumah Tangga Merupakan Surga di Dunia Hindari KDRT

80 views

Polres Trenggalek – Aiptu Gatot Budi Personel Polsek Pule Polres Trenggalek bersama KSPKT Aiptu Dwi Nugroho saat berkunjung kesalah satu warganya, Sugeng. Kamis malam (28/12, menyampaikan perlunya dalam berkomunikasi dalam keluarga guna meminilmalisir adanya main kasar pukul seorang suami kepada istrinya, ditemui diruang tamu kedua personel Polsek Pule Polres Trenggalek terlibat pembicaraan ringan mengenai Kekerasan Dalam Rumah Tangga ( KDRT ).

 

Dalam pembicaraan ringan yang dilakukan, Setiap keluarga dalam perjalanan kehidupan tentunya muncul berbagai problem, entah permasalahan ekonomi dan masalah lain yang bisa timbul ketidak serasian pasangan. Mempunyai permasalahan rumah tangga harus adanya pemecahan permasalahan dengan kepala dingin, tidak dibenarkan menyelesaikan permasalahan dengan kekerasan fisik. Karena bentuk kekerasan dalam rumah tangga sudah dilindunginya dengan aturan hukum yang melindungi korbanya.

 

” KDRT adalah setiap perbuatan terhadap seseorang terutama perempuan, yang berakibat timbulnya kesengsaraan atau penderitaan secara fisik, seksual, psikologis, dan penelantaran rumah tangga termasuk ancaman untuk melakukan perbuatan, pemaksaan, atau perampasan kemerdekaan secara melawan hukum dalam lingkup rumah tangga, ” jelas Aiptu Gatot personel Polsek Pula Polres Trenggalek saat perbincangan.

 

Sebagian besar korban KDRT adalah kaum perempuan (istri) dan pelakunya adalah suami, walaupun ada juga korban justru sebaliknya, atau orang-orang yang tersubordinasi di dalam rumah tangga itu. Pelaku atau korban KDRT adalah orang yang mempunyai hubungan darah, perkawinan, persusuan, pengasuhan, perwalian dengan suami, dan anak bahkan pembatu rumah tangga, tinggal di rumah ini.

 

Ironisnya kasus KDRT sering ditutup-tutupi oleh si korban karena terpaut dengan struktur budaya, agama dan sistem hukum yang belum dipahami. Padahal perlindungan oleh negara dan masyarakat bertujuan untuk memberi rasa aman terhadap korban serta menindak pelakunya.

 

Posting Terkait