Sekarang Saatnya Polisi Berbenah Dalam Pelaksanaan Hukum

64 views

Polres Trenggalek – ” Ayo apabila ada informasi yang berkaitan dengan adanya ganguan masyarakat diwilayah Joho mari diinformasikan ke kami, nanti akan ditindak lanjuti. Kalau ada yang namanya penyakit masyarakat seperti perjudian klothok, penjual miras ayo! saatnya bersama kami untuk meminimalisir gangguan yang ada, ” kata Aiptu Imam Mansur Kanit Provos Polsek Pule Polres Trenggalek dengan panitia pentas wisata bukit mbudukan, Joho. Saat dilakukanya ramah tamah dekat lokasi pertunjukan pementasan electon. Dengan bahasa santai terlibat percakapan dialogis permasalahan gangguan Kamtibmas.

 

Tidak itu saja, Aiptu Imam Mansur juga mengatakan apabila dijumpai adanya oknum anggota yang turut bermain dalam kegiatan judi. Pihaknya menyarankan untuk diberikan informasi untuk penyelidikan mengenai pelanggaran disiplin yang dilakukan. Sudah merupakan komitmen bagi institusi Polri dalam membangun kepercayaan masyarakat dengan tidak melibatkan anggotanya dalam permainan perjudian atau jenis pelanggaran lainya.

 

” Dalam penegakan hukum kita awali dari intern Polri dulu, kalau masih saja adanya pelanggaran yang dilakukan kita pasti lakukan penindakan disiplin. Itu sudah jelas dalam aturan Peraturan Pemerintah ( PP) nomor 2 tahun 2003 menentukan larangan -larangan dan kewajiban yang diemban masing -masing anggota Polri yang berdinas. Seperti larangan dalam permainan judi yang dilakukan oknum Polri bila ada, ” tambah Kanit Provos Polsek Pule Polres Trenggalek dalam pembicaraanya.

 

Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) merupakan organisasi penegak hukum
yang mempunyai tugas pokok yaitu melayani, melindungi, dan mengayomi masyarakat.
Dengan tugas tersebut Polri mempunyai wewenang untuk menyelenggarakan tugasnya
tersebut yang diatur dalam Undang-Undang No 2 Tahun 2002 Tentang Kepolisian Negara
Republik Indonesia.

 

Dalam menjalankan wewenang dan tugas tersebut Polri berupaya menjadikan organisasi Polri adalah sebagai organisasi yang baik dan bersih seperti yang dicita-citakan. Untuk menunjang terwujudnya cita-cita tersebut, Polri sudah dilengkapi dengan sarana dan prasarana serta sumber daya manusia yang banyak di setiap daerahnya.

 

Tetapi dengan wewenang dan tingkat kesadaran anggota kepolisian akan hukum yang rendah
serta tidak sadarnya mereka sebagai panutan dan mitra dalam masyarakat menyebabkan
banyaknya anggota kepolisian melakukan pelanggaran disiplin dalam setiap tugas yang
diberikan sebagai anggota kepolisian. Pelanggaran disiplin merupakan segala perbuatan dari anggota kepolisian yang tidak sesuai dengan aturan yang berlaku.

 

Posting Terkait