Serunya Aksi, Dalam Rangkaian Lomba Pos Kamling di Desa Pringapus Kecamatan Dongko

85 views

Polres Trenggalek_Selasa 12/12/2017, mulai pukul 21.00 Wib bertempat di Poskamling Rt 18/04 Dusun Gejagan Desa Pringapus Kecamatan Dongko dilaksanakan penilaian lomba Pos Kamling oleh tim dari Polres Trenggalek.

Tampak hadir dalam kegiatan Camat Dongko Ir.Mulyono,MH., Kapolsek Dongko Polres Trenggalek AKP Tri Basuki,S.H., Kasat Binmas Polres Trenggalek AKP Suyono,S.H.,M.Hum,
Kades Pringapus Sdr.Tamsi, Bhabinkamtibmas Desa Pringapus Bripka Agung Wahyuliono,S.H., Kopda Sutikno.
Tim penilai dari Satpol PP Kabupaten Trenggalek Sdr. Tukimin,  Kesbangpol Sdr. Maryani, Pemberdayaan masyarakat Desa Sdr. Arip,  Polres Trenggalek Aiptu Hermanto, Bripka Andri Subagyo, dan dari Kodim 0806 Trenggalek Sertu Pait.

Dalam perlombaan pos kamling kali ini dengan motto Red jawa (Angkoro murko Sirno) yang artinya Segala jenis kejahatan dan bahaya hilang dengan upaya pencegahan yang dilakukan.
Menyuguhkan drama simulasi penanganan aksi pencurian yang ditemukan oleh tim ronda keliling dan kesigapan masyarakat dalam menangkap pelaku serta kesiapan petugas jaga pos kamling Rt 18/04 saat melakukan pengamanan, yang tentunya atas kerjasama dan koordinasi dengan 3 pilar dalam hal tersebut peran aktif Kepala Desa, Bhabinkamtibmas dan Babinsa yang tedepan dalam pembinaan petugas jaga pos kamling.

Mengawali sambutannya camat Dongko Ir. Mulyono MH, mengatakan keamanan adalah milik bersama, karena petugas disamping melakukan jaga pos kamling juga bisa digunakan sebagai sarana silaturrahmi dan tukar informasi, ucapnya.

“Maksimalkan untuk pengawasan orang asing yakni orang yang belum dikenal dan masuk di lingkungan maka harus diwaspadai, kondisi keamanan agar ditingkatkan.” tukas Ir Mulyono,MH. Tak ketinggalan dalam berikan sambutan AKP Tri Basuki,S.H., menuturkan dengan adanya lomba Poskamling ini untuk menggugah kesadaran masyarakat bahwasanya keamanan bukan milik TNI/Polri atau pihak yang lain akan tetapi adalah milik kita bersama, dan menumbuhkan semangat Pamswakarsa, tuturnya.

“Saya mengharapkan agar masyarakat semuanya tidak ada menjadi korban baik pelanggaran maupun kejahatan.” tegas AKP Tri Basuki,S.H.

Sedangkan Ketua Tim penilai AKP Suyono, S.H.,M.Hum, mengucapkan penghargaan setinggi-tingginya dan terimakasih kepada Masyarakat Desa Pringapus atas sambutan yang luar biasa, ungkapnya.

Tim Penilai supaya menilai dengan kriteria yang sudah ditentukan yaitu penilaian tentang administrasi di Pos Kamling, kemampuan petugas untuk membunyikan tanda-tanda bahaya, terangnya. Dikatakan lebih lanjut, “kegiatan jaga pos kamling seperti ini jangan hanya sewaktu akan dilombakan saja,  namun diharapkan terus berkesinambungan, sehingga tercapai cita-cita yakni masyarakat yang peduli akan keamanan lingkungan, dalam tataran masyarakat untuk keaktifan jaga pos kamling bisa maksimal pada akhirnya dapat memiliki daya mencegah dan menangkal aksi kejahatan,” pungkas AKP Suyono, S.H.,M.Hum.

Penulis : Kasihumas Polsek Dongko

Posting Terkait