Tak Hanya Eksis Kepanduan, Pramuka Zaman Now Juga Peduli Lingkungan

121 views

Polres Trenggalek – Pagi ini Mapolres Trenggalek penuh dengan para pelajar sekolah menengah berpakaian pramuka. Lengkap dengan baret kebanggaan berwarna coklat. Di pagar halaman Mapolres terbentang bendera tunas kelapa ukuran kecil cukup banyak yang semakin menambah semarak suasana. Beberapa di antaranya datang menggunakan kendaraan dinas yang diketahui milik Polsek jajaran.

Selidik punya selidik, ternyata kehadiran para Pramuka ini adalah untuk mengikuti Pertikara (Perkemahan Bakti Saka Bhayangkara) Cabang Trenggalek yang mengambil tema Saka Bhayangkara Peduli Lingkungan. Sedikitnya 300 Pramuka dari Saka Bhayangkara Ranting mengikuti acara tersebut.

Upacara pembukaan Pertikara dipimpin langsung oleh Kapolres Trenggalek AKBP Donny Adityawarman, S.I.K., M.Si selaku Kamabisaka. Hadir pula sebagai tamu undangan antara lain Pejabat Utama Polres Trenggalek, Kakwarcab, Kapolsek jajaran selaku Kamabisaka ranting, DKC Gerakan Pramuka, serta civitas Pramuka lainnya. Sabtu (18/11)

Dalam amanatnya, AKBP Donny menyampaikan tujuan digelarnya  Pertikara ini adalah untuk memberikan wawasan dan pengalaman dalam mengembangkan keterampilan bidang kebhayangkaraan serta wujud kepedulian Saka Bhayangkara yang nota bene di bawah binaan Polri terhadap lingkungan sekitar seperti halnya Program unggulan Polres Trenggalek yang bertajuk Polisi Peduli Sesama.

AKBP Donny berharap, kegiatan ini dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh seluruh peserta untuk menggelorakan kembali semangat peka dan peduli sesuai dengan slogan Pertikara yakni “Aku pelopor Kebersihan Lingkungan”.

“Jika itu semua adik-adik wujudkan, maka sebuah keniscayaan bahwa Saka Bhayangkara Trenggalek adalah benar-benar generasi yang cinta lingkungan. Dimulai dari diri sendiri, dari hal yang kecil yang jika dilakukan secara kontinyu akan berdampak besar ekosistem lingkungan kita” Ujar AKBP Donny

Di akhir amanatnya, AKBP Donny menekankan kepada peserta agar meningkatkan intensitas dan kualitas gerakan Pramuka sebagai wadah pembentukan karakter peduli lingkungan. Saka Bhayangkara harus menjadi pioner dalam membudayakan diri, senang bekerja keras, cerdas dan ikhlas.

Sementara itu, Kasatbinmas Polres Trenggalek AKP Suyono, S.H., M.Hum menuturkan guna mensukseskan acara tersebut, masing-masing Polsek mengirimkan minimal 20 orang yang terdiri dari satu regu putra dan putri.

Perkemahan yang digelar selama dua hari Sabtu dan Minggu ini, para peserta akan mendapatkan materi tentang Krida Saka Bhayangkara yang dikembangkan secara tematik tentang kepedulian terhadap lingkungan. Sebagai narasumber pun diambilkan dari orang-orang yang kompeten dibidangnya termasuk instansi terkait. Sedangkan bakti sosial adalah membersihkan sungai-sungai yang melintas di kota Trenggalek.

“Kebetulan sudah masuk musim hujan, jadi sangat tepat sebagai media pembelajaran para peserta tentang arti penting lingkungan terhadap kehidupan manusia. Selain itu juga mencegah terjadinya banjir.” Jelas AKP Suyono

Posting Terkait