Wakili Kapolsek, Aiptu Gatot W Kanit Sabhara Ikuti Acara BKAD Kec.Panggul

127 views

Polres Trenggalek – Mewakili Kapolsek Panggul, Aiptu Gatot Wiyono selaku Kanit Sabhara Polsek Panggul Polres Trenggalek ikuti serangkaian kegiatan BKAD dalam Musyawarah antar Desa dan tutup buku tahun 2017 di Balai Rakyat Kec Panggul Kab Trenggalek, Rabu (17/01).

Hadir dalam giat tersebut,Muspika Kec Panggul, Bapemas Kab Trenggalek, Kepala Desa Se Kec Panggul, Perwakilan Desa 4 Orang. Kegiatan ini dilakukan untuk mewujudkan Desa Mandiri yang diamanatkan dalam Undang-Undang Tentang Desa, harus ditempuh dengan upaya yang terus menerus untuk meningkatkan Pendapatan Asli Desa sebagai Hak Otonomi Desa dalam pengelolaan sumber pembiayaan untuk Pembangunan Desa. Peningkatan Pendapatan Asli Desa salah satunya dapat dilakukan dengan Penguatan kelembagan Badan Kerjasama Desa (BKD) atau Badan Usaha Milik Desa (BUM Desa) sebagai badan yang melaksanakan hasil evolusi PNPM–MP dalam wadah Badan Kerjasama Antar Desa (BKAD) di tingkat Kecamatan.

56a

Dengan mengdakan M.A.D adalah sangat penting karena ini bentuk kerja sama  pemerintah Desa se Kec Panggul dengan BKAD yang dilaksanakan setiap 1 tahun dan melaporkan pertanggung jawaban perguliran simpan pinjam. Dan sekaligus melaporkan untuk pengelolahan  dana selama tahun 2017 sebesar Rp 4.833.954. 621 dan 1 tahun mendapatkan surplus sebesar Rp 571.293.435. Berati untuk pengelolahan simpan pinjam Kec Panggul sukses. Semoga BKAD di Kec Panggul tetap maju dan bisa membangun perekonomian masyarakat. .

Di tempat yang sama camat Panggul dan Bapernas, secara bergantian mengucapkan memberikan apresiasi atas kesuksesan program BKD ini. Sekaligus mengatakan, “ simpan pinjam dari BKAD sangat bagus untuk masyarakat yang bunga kecil dan bisa mendorong perekonomian masyarakat. Untuk perekonomian Kec Panggul sudah meningkat dan bisa menjadi perdagangan lintas Kabupaten seperti  Kab Pacitan dan Kab Ponorogo”. Cetus orang nomer satu di Kecamatan Panggul ini.

“ Kami hanya mengingatkan dan berpesan kepada seluruh pihak terkait tentang kepengurusan BKAD benar benar bertanggung jawab dan semoga tidak terjadi penyelewengan dana .” tutur singkat Aiptu Gatot Wiyono yang juga pernah meraih penghargaan sebagai pembisnis lokal yang sukses.

Dengan adanya Panggul yang sudah berubah serta berbenah di beberapa sektor kiranya dapat menambah penghasilan di sentra perekonomian Kab Trenggalek. Dalam giat MAD di balai Rakyat Kec Panggul situasi aman terkendali, Giat tersebut untuk menyampaikan pertanggung jawaban BKAD selama 1 tahun dengan adanya dana bergulir yang ada di Kec Panggul. (dkzld)

Posting Terkait