Bhabinkamtibmas Pastikan Pengunaan Dana Desa

97 views

Polres Trenggalek -Untuk menghindari terjadinya penyalahgunaan penggunaan dana desa aparat penegak hukum dari Polsek Suruh Polres Trenggalek terus melaksanakan pengawasan penggunaan dana desa, pada saat ini seluruh Bhabinkamtibmas juga diberi tugas untuk mengawasi anggaran yang diperuntukkan bagi pembangunan desa.

Tugas tersebut diberikan setelah ditandatanganinya Memorandum of Undesrstanding (MoU) bersama antara Kapolri Jenderal Tito Karnavian, Menteri Dalam Negeri Tjahyo Kumolo, Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Eko Putro Sandjojo tentang pencegahan, pengawasan dan penanganan permasalahan dana desa.

Menindak lanjuti hal tersebut Kapolsek Suruh Polres Trenggalek AKP H Yasir WSD, SH telah mengintruksikan kepada seluruh Bhabinkamtibmas di jajaran Polsek Suruh Polres Trenggalek untuk mengawal penggunaan dana desa di wilayah desa binaan masing masing agar tujuan dari dikucurkannya dana dari APBN ini bisa mempercepat pembangunan di desa dan benar benar dirasakan manfaatnya oleh warga masyarakat.

Guna untuk menghindari penyalahgunaan dana desa, pada siang ini Minggu (19/11) Bhabinkamtibmas desa Nglebo Polsek Suruh Polres Trenggalek Aiptu Ari Muryadi melaksanakan pengecekan terhadap pembangunan plesengan yang di dusun Nglaban Rt 01 Rw 01 Desa Nglebo.

“Setelah adanya MOU tersebut kami akan melakukan pengawasan setiap pembangunan yang ada didesa binaan kami ini dan kami akan berkoordinasi dengan perangkat desa serta seluruh elemen yang ada didesa binaan untuk sama sama melaksanakan pengawasan terhadap penggunaan dana desa tersebut,” ucap Aiptu Ari Muryadi.

Lebih lanjut ia mengatakan bahwa bagi siapa saja yang berani mencoba coba untuk menyalahgunakan penggunaan dana desa maka kami tidak akan segan segan untuk melaporkan kepada pimpinan yang lebih tinggi untuk dilakukan penyidikan guna proses hukum lebih lanjut sesuai dengan hukum yang berlaku.

Ditempat terpisah Plt Kepala Desa Nglebo Mulyani menyambut baik atas adanya MoU tersebut, dengan demikian perangkat desa akan bisa lebih fokus dalam melaksanakan program program yang telah dicanangkan dan dirembug secara bersama sama dalam musyawarah desa.

“Apabila dalam pelaksanaan ada sesuatu hal yang belum kami mengerti maka akan kami koordinasikan dengan pihak Bhabinkamtibmas dan Polsek Suruh Polres Trenggalek serta Dinas Pemerintahan Desa Di Kabupaten Trenggalek sehingga kami yang melaksanakan lebih terbantu dan tidak menyalahi aturan,” kata Mulyani.

Posting Terkait