Hari Kedua Operasi Zebra Semeru 2017, Polres Trenggalek Tindak 148 Pelanggar Lalulintas

68 views

Polres Trenggalek – Dua hari berjalan, Polres Trenggalek terus menggalakkan kegiatan preemtif, preventif dan represif guna mensukseskan Operasi Zebra Semeru 2017. Papan himbauan tertib berlalu lintas telah dipasang di sepanjang jalan khususnya area black spot dimana sering terjadi kecelakaan lalu lintas. Demikian pula dengan sosialisasi disekolah-sekolah melalui police goes to school terus digencarkan.

Tak ketinggalan, para komunitas bikers dan elemen masyarakat lainnya pun menjadi sasaran utama sosialisasi ini. Bahkan Kasubdit dikyasa ditlantas polda jatim AKBP Didik Haryanto, S.I.K. berkenan hadir di pendopo Kabupaten untuk memberikan pembekalan safety riding kepada masyarakat dan komunitas di Trenggalek

Pada aspek preventif, penjagaan pada simpul-simpul rawan pelanggaran dan kecelakaan pun di perkuat dengan penambahan personel. Tujuannya tentu saja untu menekan angka pelanggaran khususnya pada jalur kawasan tertib lalulintas.

Sementara, pada aspek prefentif, jajaran Satlantas di bantu oleh Satgas operasi Zebra Semeru 2017 menggelar penegakan hukum berupa razia di beberapa lokasi berbeda. Sepanjang 2 hari pelaksanaan operasi, telah menindak 148 pelanggar yang didominasi oleh kendaraan roda dua sebanyak 138 dan roda empat 10 pelanggar.

Dari data yang diperoleh tim redaksi, pelanggaran terbanyak adalah surat-surat kendaraan diantaranya tidak memiliki SIM maupun STNK 108 pelanggar, tidak menggunakan helm 12 pelanggar, kendaraan tidak sesuai spektek 10 pelanggar, melawan arus 9 pelanggar, marka jalan dan lampu lalulintas 2 pelanggar, sabuk pengaman 4 pelanggar dan TNKB 3 pelanggar.

Kasatlantas Polres Trenggalek, AKP Ricky Tri Dharma, S.H., S.I.K. menjelaskan, Operasi Zebra Semeru 2017 merupakan operasi penegakan hukum dibidang lalulintas yang diimbangi dengan kegiatan preemtif dan preventif. Tujuannya adalah tercipta kondisi Kamtibselcarlantas yang kondusif. Jumat (03/11).

“Semua dilaksanakan simultan berdasarkan kajian yang mendalam. Baik preemtif, preventif maupun represif. Selain penindakan hukum, upaya sosialisasi dan edukasi juga kami lakukan karena kesadaran tertib berlalulintas harus berangkat dari diri sendiri. Jangan tertib saat ada petugas saja.” ujar AKP Ricky

AKP Ricky mengharapkan, dengan digelarnya Operasi Zebra Semeru 2017 ini, tingkat kesadaran dan tertib berlalu lintas masyarakat Trenggalek semakin meningkat. Outputnya adalah pelanggaran dan angka kecelakaan lalu lintas bisa semakin berkurang.

“Mari bersama-sama ciptakan kenyamanan, keamanan dan kesadaran tertib berlalulintas. Lengkapi surat-surat kendaraan anda. Harus sesuai spektek, dan jangan lupa safety, helm dan sabuk pengaman. Bersatu keselamatan nomor satu.” Pesannya

Posting Terkait