Ka SPK Pantau Debit Air Sungai di Jembatan Dringo

138 views

Polres Trenggalek – Ka SPK Polsek Kampak Polres Trenggalek Aiptu Hendro Suyoto demi menjawab keresahan warga akibat curah hujan yang tinggi, melaksanakan patroli dan pantau debit air sungai di jembatan dringo desa Bogoran Kecamatan Kampak Kabupaten Trenggalek, Kamis (16/11/2017).

Pada umumnya, terjadinya curah hujan dengan intensitas yang tinggi hanya berlangsung sebentar dan mencakup daerah tertentu saja, yaitu daerah-daerah yang tidak luas. Sementara di daerah yang luas sangat jarang terjadi hujan dengan intensitas tinggi, biasanya hujan yang terjadi pada daerah tersebut terjadi curah hujan dengan intensitas rendah tetapi dalam jangka waktu yang lama. Terjadinya hujan yang tinggi yang dalam durasi waktu yang lama jarang sekali ada, kalaupun hal itu terjadi bisa kita bayangkan besarnya volume air yang tumpah dari langit. Seperti curah hujan yang cukup tinggi dalam 2 hari terakhir sehingga menimbulkan keresahan warga akan datangnya luapan air sungai di wilayah Kecamatan Kampak Trenggalek.

Manfaat curah hujan yang tinggi juga membawa berbagai macam keuntungan terhadap sistem cuaca bumi, musim, serta kelangsungan hidup semua makhluk di bumi termasuk manusia, hewan, dan tumbuh-tumbuhan. Manfaat curah hujan yang tinggi dapat memberikan keuntungan tersendiri bagi para petani, mereka tak perlu bersusah payah untuk mencari sumber pengairan untuk mengaliri lahan-lahan mereka. Hal ini akan lebih menghemat tenaga dan juga biaya. Selain itu, curah hujan yang tinggi juga dapat bermanfaat untuk mempercepat proses tanam di lahan-lahan pertanian, karena air hujan dapat membantu menggemburkan tanah. Hal ini memudahkan untuk melakukan pengolahan lahan, seperti dibajak maupun saat dicangkul. Hal ini akan membawa manfaat hemat tenaga.

Namun disisi lain banjir juga dapat mengakibatkan rusaknya sarana dan prasarana penduduk, rusaknya areal pertanian, timbulnya penyakit-penyakit, menghambat transportasi darat, rusaknya areal pemukiman penduduk, serta sulitnya mendapatkan air bersih.

“Karena wilayah khususnya di desa Ngadimulyo, Bogoran, dan Timahan sangat rawan longsor apalagi ketika terjadi hujan. Masyarakat sebaiknya menunda perjalanan bila terjadi hujan di kawasan itu. Apalagi intensitas hujan tinggi, ini sangat beresiko,” ujar Aiptu Hendro Suyoto Ka SPK Polsek Kampak Polres Trenggalek.

Alhamdulillah sampai saat ini debit air di jembatan dringo Desa Bogoran masih dapat tertampung tanpa adanya luapan air.

Posting Terkait