Kegiatan Rapat Koordinasi Cegah Karhutla Bersama Muspika

53 views

Polres Trenggalek – Iptu Suraji, S.H., M.H., Kapolsek Pule Polres Trenggalek melaksanakan kegiatan rapat koordinasi cegah karhutla bersama Muspika, Asper, Kades Pule, Ketua LMDH Kecamatan Pule, Tomas Pule dan kelompok LMDH pengelola hutan Desa Pule, pada siang ini Senin ( 9/12 ). Dalam kegiatan yang dilaksanakan di aula balai desa Pule membicarakan penanganan ancaman karhutla kedepanya.

Iptu Suraji dalam kegiatan menyampaikan, Persoalan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) dianggap lebih efektif diatasi dengan upaya memperkuat pencegahan daripada upaya penanganan seperti yang selama ini dilakukan. Apalagi permasalahan karhutla cukup kompleks, selain disebabkan perilaku dan kepentingan banyak pihak juga dipengaruhi faktor iklim di Indonesia.

“Salah satu solusi yang paling efektif adalah mewajibkan upaya pencegahan kebakaran secara komprehensif. Ini harus dilaksanakan oleh masyarakat,” ucapnya.

Dengan kesadaran kepada anggota yang tergabung dalam LMDH untuk menghijaukan lagi hutan yang sudah terbakar dan menciptakan lagi sumber air dengan tidak menanami tanaman dengan jenis polowijo akan tetapi dengan menanan jenis kopi, alpokat, duren, dengan maksud hasil dari buah dan kayu bisa dinikmati anggota LMDH sebagai penggarap lahan. Hal itu disampaikan dalam kegiatan koordinasi pada siang kemarin.

Posting Terkait