Tunjukkan Soliditas, ini yang dilakukan Polres Trenggalek bersama TNI

89 views

Polres Trenggalek – Soliditas TNI/Polri di Kabupaten Trenggalek kembali ditunjukkan melalui kegiatan sosial bersama-sama. Dalam rangka memperingati Hari Pahlawan yang jatuh pada tanggal 1o November 2017, dua instansi pengaman negara ini tampak kompak mengikuti beberapa kegiatan yang diinisiasi oleh Polres Trenggalek, diantaranya penghijauan dan penanaman pohon mangrove di area wisata pantai cengkrong Watulimo, bersih-bersih Aspol, kerja bakti membersihkan Makoramil 0801/01 Trenggalek dan aksi resik-resik kali ngasinan.

Kegiatan yang bertajuk Karya bakti TNI/Polri dalam rangka peringatan hari pahlawan 2017 ini tidak hanya melibatkan anggota TNI/Polri saja melainkan ormas dan elemen masyarakat lainnya. Selain sebagai wujud soliditas TNI/Polri, kegiatan ini juga merupakan bentuk aksi sosial dan kepedulian terhadap lingkungan sekitar yang hasilnya bisa disaksikan dan dirasakan langsung oleh masyarakat.

Kapolres Trenggalek AKBP Donny Adityawarman, S.I.K., M.Si memimpin langsung jalannya reboisasi dan penanaman bibit mangrove di pantai cengkrong. Tak kurang dari 1000 bibit disiapkan dalam acara tersebut. Kegiatan ini merupakan bentuk dukungan TNI/Polri dalam mengelola potensi alam dan wisata dengan tetap memelihara ekosistem yang sudah ada.

“Kami ingin menunjukkan kepada masyarakat luas bahwa TNI/Polri sangat solid. Bekerjasama satu sama lain menjaga Kamtibmas kondusif di kabupaten Trenggalek ini” Tegas AKBP Donny

Kabagsumda Polres Trenggalek Kompol Sumilih S.H., selaku ketua pelaksana kegiatan menuturkan, kegiatan bersih-bersih diawali dengan konvoi bersama dari halaman Mapolres Trenggalek dengan rute yang tidak terlalu jauh keliling kota Trenggalek. untuk menunjukkan harmonisasi, seluruh anggota yang terlibat berboncengan sepeda motor satu TNI dan satu Polri. Sasaran pertama adalah bersih-bersih asrama Polri (Aspol) yang berada diselatan alun-alun Trenggalek.

“Sudah disiapkan 3 titik yang menjadi sasaran kegiatan ini, diantaranya Asrama Polri, Koramil kota Trenggalek dan sungai Ngasinan. Semua berangkat bersama-sama dari Mapolres menggunakan kendaraan dinas.” Jelas Kompol Sumilih

Anggota TNI/Polri berbaur menjadi satu, bahu membahu membersihkan halaman Aspol. Sesekali terdengar celetukan atau candaan yang membuat suasana menjadi lebih segar. Tak ketinggalan, ibu-ibu penghuni Aspol sudah menyiapkan kopi dan jajanan bagi anggota.

Selanjutnya, rombongan bergerak menuju Makoramil 0806/01 Trenggalek yang berjarak kurang lebih satu kilometer dari Aspol. Sama seperti sebelumnya, anggota TNI/Polri inipun langsung membersihkan seluruh halaman dan ruang-ruang dalam Makoramil. Suasana akrab dan gotong royong benar-benar tergambar dari wajah para personel yang terlibat.

Aksi terakhir adalah resik-resik kali ngasinan. Karena luasnya cakupan, maka dalam kegiatan ini juga melibatkan elemen masyarakat lainnya. Sedikitnya 300 orang dari berbagai unsur TNI, Polri, Pemkab, hingga pelajar ikut ambil bagian. Tujuannya adalah agar sungai menjadi lebih bersih serta mengantisipasi banjir, mengingat di Kabupaten Trenggalek sudah mulai masuk musim hujan.

Diharapkan, dengan kegiatan bersama TNI/Polri ini akan tercipta suasana harmonis dan memunculkan optimisme publik yang mengarah pada Kamtibmas kondusif. Dilain pihak dapat menumbuhkan sikap patriotisme dan nasionalisme yang tergambar dari soliditas TNI/Polri.

Posting Terkait