Urus Surat Kendaraan, Kasatlantas Trenggalek Minta Masyarakat Hindari Calo

55 views

Polres Trenggalek – Dalam rangka menuju Zona Integritas Samsat Kasatlantas Polres Trenggalek AKP Imam Mustolih, S.H., S.I.K., M.Si. meninjau proses pelayanan di kantor Samsat Paiment Point dan Sampokja yang ada di Trenggalek. Senin, (8/3)

AKP Imam mengatakan, salah satu indikator keberhasilan dari zona integritas adalah sistem pelayanan yang cepat, mudah dan bebas dari perilaku koruptif maupun calo.

“Memastikan bahwa semua pelayanan berjalan dengan baik, petugas ramah dan mekanisme sesuai SOP yang berlaku serta tidak ada pungutan selain dari yang telah ditentukan termasuk calo.” Ujar AKP Imam.

Dalam kunjungan yang bersifat mendadak tersebut, AKP Imam tak sekadar menerima laporan dari petugas tetapi juga berinteraksi langsung dengan masyarakat pemohon yang kebetulan mengurus perpanjangan surat-surat kendaraan. Tujuannya adalah untuk mengetahui kondisi riil dilapangan.

Pihaknya mengimbau agar masyarakat mengurus sendiri tanpa perantara siapapun dan menghindari pungutan liar yang tidak sesuai dengan prosedur.

Bahkan, pihaknya tak segan-segan akan menindak tegas bagi siapapun termasuk petugas pelayanan yang melakukan pelanggaran atau penyalahgunaan wewenang. Hal ini sangat penting untuk menghindari stigna negatif terkait dengan pelayanan di kantor Samsat.

Sementara itu, untuk mendukung pencapaian zona integritas, Polres Trenggalek juga mengoperasikan fitur SMS Reminder yakni penyampaian informasi kepada masyarakat tentang jatuh tempo SIM, SKCK dan STNK sehingga memudahkan masyarakat untuk mengingatkan akan kewajibannya dalam membayar pajak kendaraan bermotor.

Selain itu, dalam di masa Pandemi Covid – 19,  pelayanan Samsat menerapkan Protokol kesehatan yang ketat yakni kewajiban memakai masker bagi masyarakat maupun petugas, pengaturan jarak antrian serta penyediaan fasilitas cuci tangan.

“Alhamdulillah, petugas tetap konsisten memberikan pelayanan terbaik, mudah, cepat dan ramah serta menerpkan zona bebas calo.” Pungkasnya.

polres trenggalek Trenggalek

Posting Terkait