PadiMas, Sarana Interaksi Polisi dan Masyarakat Trenggalek

oleh -378 Dilihat

Polres Trenggalek – Patroli merupakan salah satu kegiatan yang dilakukan oleh petugan kepolisian untuk mencegah, meminimalisir dan menindak gangguan keamanan maupun pelanggaran hukum dalam rangka memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat.

Dalam pelaksanaannya patroli ini melibatkan sejumlah personel baik jalan kaki, bersepeda atau menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat. Demikian pula dengan metode yang diterapkan, menyesuaikan dengan peta kerawanan maupun potensi gangguan keamanan di masing-masing wilayah.

Nah, terkait dengan patroli tersebut, Polres Trenggalek memiliki satu program unggulan yang terbilang unik yang diberi nama `PadiMas`. PadiMas ini adalah kependekan dari Patroli Dialogis Bersama Masyarakat.

Dikonfirmasi terpisah, Kapolres Trenggalek AKBP Alith Alarino, S.I.K. melalui Kasihumas Iptu Suswanto mengatakan PadiMas pada dasarnya sama seperti patroli pada umumnya yang rutin digelar baik tingkat Polres maupun Polsek jajaran. Kamis, (29/12).

“Yang membedakan adalah disetiap patroli ini petugas wajib berinteraksi atau berdialog dengan masyarakat.” Jelas Iptu Suswanto.

Iptu Suswanto mengungkapkan, selain bertujuan untuk lebih mendekatkan diri dengan masyarakat, dengan berdialog petugas bisa menampung segala aspirasi dan harapan masyarakat. Tidak hanya terkait keamanan semata tetapi lebih luas lagi.

Disamping itu, petugas bisa lebih memahami dan mengetahui secara pasti tentang kondisi keamanan wilayah berikut kendala dan hambatannya. Termasuk di dalamnya adalah mendorong kontribusi masyarakat untuk turut berperan aktif dalam pemeliharaan keamanan lingkungan.

“PadiMas juga bisa dimanfaatkan sebagai sarana sosialisasi tentang apapun karena langsung bersentuhan dengan masyarakat bawah.” Imbuhnya.

Iptu Suswanto menambahkan, untuk sasaran patroli dialogis itu sendiri selain pada titik rawan, pusat perbelanjaan dan lokasi wisata juga mencakup wilayah pedesaan hingga perkampungan. PadiMas ini juga bisa dikolaborasikan dengan kegatan Bhabinkamtibmas pada desa binaan.

“Dengan Padimas ini, eksistensi Kepolisian dalam menjaga Kamtibmas wilayah semakin terlihat, penyelesaian masalah bisa lebih komprehensif dan tentunya Kamtibmas yang kondusif dapat terwujud. Outcomenya masyarakat merasa aman dan nyaman.” Pungkasnya.

No More Posts Available.

No more pages to load.