Pimpin Apel Pengamanan Malam Tahun Baru, Kapolres Trenggalek: Kedepankan Preventif Humanis

oleh -285 Dilihat

Polres Trenggalek – Kepolisian Resort Trenggalek menggelar apel gabungan di halaman Pendopo Manggala Praja Nugraha, Kabupaten Trenggalek.  Apel gabungan dalam rangka kesiapan pengamanan malam tahun baru 2023 ini diikuti oleh ratusan personel dari Kodim 0806, Satpol PP, Dishub, Senkom, RAPI, Orari, PSC 119 dan Pramuka. Sabtu, (31/12).

Kapolres Trenggalek AKBP Alith Alarino, S.I.K. yang memimpin langsung apel pengamanan tersebut mengungkapkan, terdapat beberapa kegiatan menyambut malam pergantian tahun di Kabupaten Trenggalek yang perlu mendapatkan perhatian diantaranya adalah pasar rakyat dan kenduri cinta bareng Cak Nun di Alun-alun Trenggalek dan menurut rencana akan ditutup dengan pesta kembang api.

Acara ini tentu akan menyedot perhatian masyarakat secara luas dan diperkirakan tingkat aktivitas masyarakat di seputaran kota maupun wilayah kecamatan lainnya akan meningkat signifikan.

“Oleh sebab itu dibutuhkan pengamanan ekstra dari semua stakeholder. Pastikan bahwa kehadiran kita di lapangan bisa memberi rasa aman kepada masyarakat.” Ujar AKBP Alith.

Lebih lanjut AKBP Alith meminta agar dalam pelaksanaan pengamanan ini seluruh personel yang terlibat tetap mengedepankan pola preventif humanis dengan tanpa mengurangi sikap tegas jika menemukan pelanggaran yang dapat memicu terjadinya gangguan Kamtibmas.

“Kita semua All out. Untuk Polsek jajaran apel dilaksanakan di masing-masing wilayah, bersinergi bersama unsur tiga pilar.” Imbuhnya.

Pihaknya menambahkan, beberapa kerawanan yang perlu diantisipasi pada malam tahun baru ini antara lain adalah euforia perayaan oleh sebagain masyarakat yang diluapkan secara berlebihan dengan melakukan konvoi atau arak-arakan hingga kriminalitas jalanan.

“Tetap semangat, jaga keselamatan dan laksanakan tugas dengan penuh rasa tangung jawab.” Ujarnya.

Sementara itu Kabagops Polres Trenggalek Kompol Jimmy Heryanto Hasiholan, S.H., S.I.K. yang juga menjabat sebagai Karendalops Operasi Lilin Semeru 2022 mengatakan, untuk pengamanan malam tahun baru ini, Polres Trenggalek mengerahkan sedikitnya 309 personel Polri dibantu oleh stakeholder lainnya.

“Keseluruhan personel kita tempatkan pada beberapa titik. Beberapa diantaranya bertugas pengamanan di seputaran alun-alun dan jalur lingkar kota, kemudian unit patroli baik terbuka maupun tertutup juga kita kerahkan. Khusus untuk Polsek menyesuaikan dengan kegiatan di masing-masing wilayah.” Ucapnya.

Pihaknya berharap dengan pola pengamanan yang diterapkan ini mampu menjaga dan meniadakan segala bentuk gangguan Kamtibmas sehingga malam pergantian tahun di Kabupaten Trenggalek berlangsung kondusif.

No More Posts Available.

No more pages to load.