Polres Trenggalek Gelar `Suling Mas`, dari Patroli hingga Salat Subuh Berjamaah

oleh -419 Dilihat

Polres Trenggalek – Saat azan subuh berkumandang, nampak sejumlah polisi berpakaian dinas lengkap turut hadir dan melaksanakan ibadah salat subuh di salah satu masjid bersama masyarakat. Tak berhenti disitu, usai salat para petugas ini terlihat ngobrol gayeng di pelataran masjid membahas tentang berbagai hal yang menjadi tren isu saat ini.

Ya, para petugas ini merupakan personel dari Polsek jajaran di Kabupaten Trenggalek yang rutin menggelar kegiatan Suling Mas atau Subuh Keliling Menjaga Kamtibmas.

Kapolres Trenggalek AKBP Alith Alarino, S.I.K. melalui Kasihumas Iptu Suswanto, S.H. mengatakan salah satu program unggulan Polres Trenggalek dalam rangka pemeliharaan Kamtibmas kondusif yang masih berjalan hingga kini dan sangat terasa manfaat adalah `Suling Mas`.

“Iya betul. Jadi selain sebagai gerakan salat subuh berjamaah, Suling Mas ini juga berfungsi untuk menekan kriminalitas yang kerap terjadi pada dini hari atau menjelang subuh. Kita pastikan masyarakat merasa aman dan nyaman.” Ujar AKBP Alith kepada tim redaksi. Kamis, (15/12).

Kegiatan diawali dengan patroli keliling pemukiman penduduk pada pukul 02.00 Wib dimana berdasarkan crime index dan crime clock diketahui bahwa aksi kejahatan seperti pencurian biasanya terjadi pada interval waktu antara pukul 24.00 sampai dengan 04.00 Wib. Para pelaku kejahatan ini mengambil kesempatan saat korban tertidur lelap.

Setelah berkeliling, petugas akan melaksanakan ibadah salat subuh berjamaah bersama masyarakat di wilayah sasaran patroli. Kesempatan tersebut juga dimanfaatkan petugas untuk berinteraksi dengan masyarakat.

“Memang terlihat sederhana, tetapi impact nya sangat terasa. Satu sisi petugas bisa memahami secara langsung tentang kondisi Kamtibmas wilayah termasuk kendala maupun tingkat ancaman yang dihadapi dan dari sisi yang lain masyarakat bisa menyampaikan aspirasi, harapan dan keinginannya yang mungkin bisa diterima ataupun diteruskan kepada instansi lainnya. Outputnya adalah Kamtibmas yang kondusif.” Imbuhnya.

No More Posts Available.

No more pages to load.