Polsek Suruh Luncurkan Terobosan Kreatif `Bintoro`, Seperti Apa?

oleh -168 Dilihat

Polres Trenggalek – Peningkatan kualitas pelayanan masyarakat terus di geber oleh jajaran Polres Trenggalek. Untuk mendekatkan diri sekaligus memudahkan pelayanan kepolisian, Polsek Suruh meluncurkan satu terobosan kreatif yang bertajuk `Bintoro` atau Bhabin Ngantor Deso. Senin, (9/1).

Lauching Bintoro itu sendiri dipusatkan di Balai Desa Wonokerto, Kecamatan Suruh, Kabupaten Trenggalek yang ditandai dengan pemukulan gong oleh Kapolsek Suruh AKP Bambang Purwanto, S.H., M.H. disaksikan oleh jajaran Forkopimca dan tiga pilar se Kecamatan Suruh.

Dikonfirmasi terpisah, Kapolres Trenggalek AKBP Alith Alarino, S.I.K. pihaknya sangat mengapresiasi program `Bintoro` yang digagas oleh Polsek Suruh tersebut. Menurutnya, dengan Bhabinkamtibmas yang ngantor di desa akan memudahkan pelayanan kepada masyarakat.

“Wilayah kecamatan suruh ini di dominasi pegunungan dan perbukitan. Dengan membuka pelayanan kepolisian di desa tentunya sangat memudahkan masyarakat dan dapat memangkas biaya perjalanan karena tidak harus datang ke Mapolsek Suruh.” Ujar AKBP Alith.

Pihaknya menambahkan, melihat nilai manfaat yang diberikan dan langsung bersentuhan dengan masyarakat, program ini mungkin bisa terapkan atau diadopsi oleh polsek jajaran lainnya.

Sementara itu, Kapolsek Suruh AKP Bambang mengungkapkan program Bintoro ini memang dirancang untuk memberikan kemudahan akses pada pelayanan kepolisian. Bhabinkamtibmas nantinya dapat memberikan pelayanan terbatas yakni melayani Surat Terima Lapor Kehilangan (STLK) dengan memenuhi syarat-syarat yang telah ditentukan.

“Semuanya gratis. Hadir melayani lebih dekat.” Ucap AKP Bambang.

AKP Bambang menambahkan, untuk waktu pelayanan mengikuti jam kerja di masing-masing desa. Sedangkan hari Sabtu, Minggu dan tanggal merah libur. Namun demikian, warga tetap bisa mendapatkan pelayanan yang sama di Mapolsek Suruh.

Disinggung tentang nama `Bintoro`, mantan Kasihumas Polres Trenggalek ini menjelaskan bahwa selain akronim dari Bhabin Ngantor Deso, kata Bintoro berasal dari bahasa jawa yang Bintoro yang memiliki makna bintang bersinar. Kata Bintoro juga sering diartikan pemberani namun ramah sehingga sangat pas dengan profil polisi pelayanan masyarakat.

“Semoga langkah kecil ini bisa memberikan manfaat bagi masyarakat khususnya kecamatan Suruh.” Pungkasnya.

No More Posts Available.

No more pages to load.