Sterilisasi Gereja, Petugas Periksa Ruangan dan Barang Bawaan

oleh -166 Dilihat

Polres Trenggalek – Sejumlah petugas Kepolisian melakukan sterilisasi di sejumlah gereja yang melaksanakan perayaan Natal di Kabupaten Trenggalek. Mengenakan rompi dan helm taktis, petugas menyisir satu persatu ruangan bahkan halaman gereja. Minggu, (25/12).

Tak berhenti disitu, sejumlah petugas yang beberapa diantaranya adalah Polisi Wanita atau Polwan melakukan pemeriksaan terhadap setiap orang berikut barang bawaannya. Hal ini dilakukan untuk memastikan tidak ada barang berbahaya yang dapat mengganggu jalannya kegiatan ibadah.

Kapolres Trenggalek AKBP Alith Alarino, S.I.K. mengatakan, khusus untuk pengamanan gereja saat perayaan Natal ini, pihaknya menerjunkan sidikitnya seratus personel yang disebar di 23 gereja dan rumah ibadah yang ada di Kabupaten Trenggalek.

“Di luar itu, Kita terjunkan juga personel khusus sterilisasi dari Satsamapta yang memang telah memiliki kualifikasi khusus, unit patroli dan sisanya kita siagakan di Mako sebagai pasukan cadangan yang dapat digerakkan sewaktu-waktu.” Ujar AKBP Alith.

Masih kata AKBP Alith, sterlisasi gereja dilakukan sesaat sebelum acara di mulai. Petugas akan mengecek dan memeriksa secara detail menggunakan peralatan yang ada seperti metal detector maupun mirror detector.

“Sesuai SOP, Setelah dirasa aman, petugas sterilisasi akan menyerahkan kepada perwira pengendali yang dituangkan dalam berita acara.” Imbuhnya.

Pengamanan gereja ini merupakan bagian dari kegiatan Operasi Lilin Semeru 2022 yang berlangsung selama 11 hari mulai tanggal 23 Desember 2023 hingga 2 Januari 2023 mendatang. Operasi ini digelar dalam rangka pengamanan Natal dan Tahun Baru 2023.

No More Posts Available.

No more pages to load.